Disparpora Tindaklanjuti Pengajuan Wisata Satwa

Daerah  SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 16:43:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Disparpora Tindaklanjuti Pengajuan Wisata Satwa

Apriansyah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) telah berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu terkait rencana pendirian wisata satwa atau kebun binatang di Mukomuko.

Rencana pendirian wisata satwa ini setelah adanya pengajuan dari pihak Desa Surian Bungkal kecamatan Selagan Raya, mengajukan lahan seluas 3 hektar yang diperuntukan untuk pembuatan wisata satwa. Maka dari itu pihak Disparpora melakukan langkah-langkah lebih lanjut dan akan melakukan rapat bersama pihak terkait.

"Kita masih berusaha karena untuk membuat wisata satwa atau kebun binatang ini tidak mudah. Ada proses yang harus dilalui. Setelah kami koordinasi dengan pihak BKSDA Bengkulu pendirian wisata satwa ini harus ada penelitian hewan yang akan pelihara, kemudian sarana untuk penelitian, harus ada kepastian binatang yang di pelihara itu tidak punah dan lainnya," ujar Kepala Disparpora Mukomuko, Apriansyah kepada RMOLBengkulu, Senin (11/11).

Ditambahkanya, pihak Desa Surian Bungkal sudah ada 2 bulan lebih mengajukan 3 hektar lahan untuk wisata satwa ini dan langsung ditindak lanjuti.

"Rekomendasi Pemda terkait wisata satwa ini harus mengajak rapat bersama semua pihak meliputi dokter hewan, Dinas Lingkungan Hidup, pihak BKSDA dan pihak lainnya. Namun kita masih menunggu petunjuk bapak Bupati," tambahnya.

Menurutnya, hingga saat ini di Kabupaten Mukomuko belum ada satupun wisata satwa. Mudah-mudahan kedepan Mukomuko memiliki wisata satwa dan rencana ini bisa terealisasi.

"Wisata satwa ini harus  jauh dari permukiman, kemudian  ada akses masuk kalau lahan yang disediakan untuk wisata satwa ini sudah pas berdasarkan survei awal kita . Semoga wisata satwa di Mukomuko ini bisa terwujud," harap Apriansyah. [tmc]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00