Hadapi MEA, Pemuda Harus Kreatif Dan Inovatif

Pendidikan  SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 07:56:00 WIB | LAPORAN: AJI FAISAL

Hadapi MEA, Pemuda Harus Kreatif Dan Inovatif

Alifa Abdilah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dengan berlakunya MEA, barang dan jasa dari semua negara anggota yang tergabung dalam ASEAN akan lebih bebas masuk ke Indonesia. Begitupun sebaliknya, ekspor barang, jasa maupun tenaga kerja Indonesia ke negara-negara tersebut akan lebih bebas juga. Untuk itu masyarakat Indonesia khususnya Pemuda harus benar-benar siap untuk mengahadapi persaingan di era MEA ini.

"Mengahadapi era MEA ini peran pemuda sangat penting. Tentu yang harus dipersiapkan itu adalah skill, bukan hanya siap menjadi pekerja namun harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan," ungkap Alifa Abdillah yang juga menjabat sebagai CEO PT. Gemilang Utama Media dan PT. Rahmi Cipta Makmur Sejahtera saat menjadi narasumber pada seminar nasional peran pemuda menghadapi MEA, di IAIN Bengkulu beberapa waktu lalu.

Menurutnya peran pemuda sebagai tonggak perubahan harus mampu memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa. Inovasi, pergaulan dan percaya diri merupakan sedikit dari sekian banyak kunci agar pemuda mampu bersaing di era MEA.

"Pemuda yang sudah punya usaha harus terus ciptakan inovasi. Ingat, untuk mencapai kesuksesan dan mampu bersaing harus didukung dengan percaya diri, serta harus banyak bergaul dengan orang-orang yang sukses," jelasnya.

Selain Alifa Abdilah, seminar nasional yang dilaksanakan di Auditorium IAIN Bengkulu beberapa waktu lalu tersebut juga menghadirkan dosen program studi Perbankan IAIN Bengkulu, Debby Arisandi.

Debby mengajak semua elemen pemuda dan mahasiswa untuk tidak khawatir menghadapi MEA. Dirinya yakin para pemuda akan mampu bersaing dengan negara-negara yang tergabung dalam MEA.

"MEA tentu bisa dipandang sebagai tantangan, peluang ataupun ancaman bagi kita. Maka dari itu peran pemuda sangat penting agar kita mampu bersaing dan tidak ketinggalan," ucap dosen yang juga peraih Awardee of internasional exchange di Thailand ini.

Menurutnya sumber daya manusia (SDM), kemampuan bahasa asing serta kreatif dan inovatif merupakan hal yang harus di miliki oleh pemuda agar mampu bersaing di era MEA.

"Kita harus mempersiapkan diri untuk menjadi SDM yang berkualitas. Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing juga menjadi kebutuhan dalam era MEA ini, serta kita harus kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha apapun itu," tutupnya. [ogi]

Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00