Ngendap Sejak Februari, PAD Memang Sengaja Belum Disetor

Daerah  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 08:13:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Ngendap Sejak Februari, PAD Memang Sengaja Belum Disetor

Kwitansi pembayaran pengelola 11 Februari 2019 lalu/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Lebong mulai membeberkan keberadaan setoran pendapatan sebesar Rp 25 juta dari wisata Air Putih.

Seperti yang diungkapkan Kadis Parpora Lebong, Frans Julai Simanjuntak, bahwa setelah pihaknya menelusuri ternyata PAD tersebut memang sengaja belum disetor oleh seorang kades berinisial Rs ke Kasda lantaran tahun anggaran 2019 belum berakhir.

"Selanjutnya kita juga sudah membuat surat teguran dan himbauan kepada kades itu untuk segera membayarkan PAD tersebut meskipun masih ada sisa waktu," ujar Frans, Kamis (7/11) ditemui di ruang kerjanya.

Dia menuturkan, pihaknya tidak akan pernah kecolongan terkait PAD sektor pariwisata di daerah itu. Walaupun peran pihaknya sendiri hanya menerima bukti pembayaran dari pengelola yang telah disetor ke kasda.

Dipastikan Frans, ia sudah mengingatkan agar setoran tersebut segera dibayarkan dalam waktu dekat ini. "Sesuai dengan perjanjian kerjasama masih ada sisa waktu atau hingga tanggal 31 Desember 2019," singkatnya.

Terpisah, Rs membenarkan jika telah menerima setoran PAD wisata Air Putih sebesar Rp 25 juta dari Ro sejak bulan Februari 2019 lalu.

"Kalau setor ke bank belum. Nanti awal Desember saya setor semua," jelas dia.

Menurutnya, PAD itu memang sengaja belum disetor lantaran dirinya selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Air Putih, dan yang bertanggung jawab penuh soal pembayaran PAD tersebut.

Sedangkan, untuk Ro sendiri hanya sebatas pengelola. "Kebetulan Ro itu keluarga saya yang membantu (mengelola, red) disana," tambahnya.

Dia menegaskan, total PAD wisata Air Putih hanya sebesar Rp 25 juta dalam setahun sebagaimana hasil kesepakatan antara Pokdarwis, dan Dinas Parpora Lebong.

"Totalnya hanya Rp 25 juta dalam setahun. Insya allah saya akan setor nanti bareng PBB desa," demikian kades. [tmc]



Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09

Seragam Pertamina Ahok

Seragam Pertamina Ahok

RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 06:09:00