Melancong Ke Nasional, SMAN 05 Terpilih Jadi Sekolah Adiwiyata

Pendidikan  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:37:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Melancong Ke Nasional, SMAN 05 Terpilih Jadi Sekolah Adiwiyata

Zamhari/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menetapkan tiga sekolah di Provinsi Bengkulu sebagai sekolah Adiwiyata pada tahun 2019 ini.

Penetapan itu diputuskan melalui Keputusan Gubernur Bengkulu nomor A.403.DLHK tahun 2019 tentang Penetapan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Bengkulu.

Ketiga sekolah itu, yakni SMA Negeri 05 asal Lebong dengan nilai 66,25, SD Negeri 02 Bengkulu dengan nilai 65,5, dan SMP Negeri 01 Kepahiang dengan nilai 65.

"Segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya keputusan ini dibebankan pada APBD Provinsi Bengkulu program pembinaan sekolah adiwiyata tahun 2019," kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Lebong, Zamhari menjelaskan, sejumlah persiapan sudah dilakukan jauh hari sebelum penilaian. Terutama penerapan program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

"Alhamdulilah semua yang kita ajukan lolos administrasi dan sudah dilakukan penilaian lapangan. Setelah ketetapan ini, selanjutnya ke penilaian tingkat nasional," ujar Zamhari, Kamis (7/11).

Bahkan, setelah melalui tahapan seleksi yang cukup menguras fisik, dan mental di tingkat provinsi, akhirnya sekolah didikannya berhasil lolos ke tingkat nasional mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional.

Adapun empat aspek penilaian terhadap sekolah tersebut, kata Zamhari, yakni aspek kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif, serta aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan.

"Yang mengikuti Adiwiyata tingkat nasional itu, setelah adanya tahapan verifikasi dokumen sekolah berdasarkan kriteria yang ada. Makanya 3 sekolah itu berhak untuk mewakili Bengkulu ke tingkat nasional," demikian Zamhari. [tmc]

Setelah beberapa kali penggunaan teratur, ini yang keluar
Kenali sejak dini tanda-tanda terserang parasit dalam tubuh
Pelajar genius membuat seluruh Indonesia tercengang.
Sendi disembuhkan dengan cara biasa...
Jika bau mulut tak hilang ternyata ini cara ampuh membunuh
Basmi parasit sekarang dengan mengonsumsi secara teratur di pagi hari

                   




Komentar Pembaca