Bawaslu Mulai Gandeng Pengawas Partisipatif Pilkada

Daerah  RABU, 06 NOVEMBER 2019 , 16:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bawaslu Mulai Gandeng Pengawas Partisipatif Pilkada

Jefriyanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong dalam waktu dekat ini akan mulai menggandeng pengawas partisipatif dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Lebong.

Pengawas partisipatif Pilkada yang dimaksud itu mulai dari media massa, pelajar, organisasi masyarakat dan kepemudaan, hingga masyarakat di daerah itu.

Ketua Bawaslu Lebong, Jefriyanto mengatakan, sosialisasi Pengawasan pemilu partisipatif bagi stakeholder se-Kabupaten Lebong pada Pilkada 2020 akan digelar Kamis (7/11) besok.

"Harapan kita dengan acara ini masyarakat berpartisipasi dalam pengawasan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 mendatang," ujar dia, kemarin (4/11).

Ia menilai, peranan dan proaktif masyarakat sangat membantu dalam mencegah berbagai pelanggaran dalam Piljada, apalagi anggota Bawaslu jumlahnya terbatas dari tingkat kabupaten hingga pendesaan.

"Seperti anak sekolah ataupun masyarakat nanti diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan bawaslu di lingkungan masing-masing," demikian Jef. [tmc]



Komentar Pembaca