Soal Pilkades 2020, Kesbangpol Dan PMDS Silang Pendapat

Daerah  SENIN, 04 NOVEMBER 2019 , 08:31:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Soal Pilkades 2020, Kesbangpol Dan PMDS Silang Pendapat

Mustarani/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lebong, M Ikram, dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Reko Haryanto, masih berbeda pendapat soal gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2020 mendatang.

Sikap silang pendapat itu setelah keduanya masing-masing berkoordinasi ke pemerintah pusat. Dimana dalam koordinasinya Kesbangpol Lebong menyarankan agar Pilkades yang semula dijadwalkan tahun 2020 untuk dimundurkan.

Lain halnya dengan PMDS Lebong justru masih menunggu jawaban dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bahkan, pihaknya siap menggelar Pilkades yang diikuti 15 desa tersebut apabila sudah dianggarkan dalam APBD Tahun anggaran (TA) 2020 mendatang.

Menanggapi itu, Sekda Kabupaten Lebong, Mustarani angkat bicara. Ia tidak menapik jika Kesbangpol menyarankan Pilkades dimundurkan dari jadwal karena mengingat adanya gelaran Pilkada serentak tahun 2020 mendatang.

"Dari hasil laporan Kesbangpol dengan pak bupati menyebutkan seperti itu," ujar Mustarani kepada RMOLBengkulu, Minggu (3/11).

Walaupun demikian, Mustarani memastikan, dalam hal ini Pemkab Lebong belum mengambil sebuah keputusan terhadap dua pandangan tersebut.

"Walaupun pusat nanti tidak memperbolehkan, nanti apapun keputusannya akan kami bahas dalam rapat besar," jelas Mustarani.

Mantan pejabat Pemkab Bengkulu Utara ini menambahkan, sebagai bahan kajian secara yuridis maupun hasil koordinasi nantinya akan dibahas secara komprehensif di dalam rapat tersebut.

"Yang jelas, nanti akan kita rapatkan lagi hasil koordinasi, surat, maupun bentuk dasar lainnya," demikian sekda. [tmc]



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00