Empat Tersangka Penyuap Bupati Diserahkan Ke Jaksa Penuntut Umum

Hukum  SABTU, 02 NOVEMBER 2019 , 06:45:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Empat Tersangka Penyuap Bupati Diserahkan Ke Jaksa Penuntut Umum

Jubir KPK Febri Diansyah/RMOL

RMOLBengkulu. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara tahap dua terhadap empat tersangka kasus dugaan penyuap Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot ke Jaksa Penuntut Umum, Jumat (1/11).

Keempat tersangka yang dimaksud ialah Rodi, Yosef, Nelly Margaretha, dan Bun Si Fat. Keempatnya merupakan tersangka dari unsur swasta.

"Jadi penyidikan untuk empat orang ini sudah selesai tadi penyidik sudah menyerahkan tersangka, berkas perkara dan barang bukti ke Penuntut Umum," ucap Jurubicara KPK, Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta Selatan pada Jumat (1/11) malam.

Nantinya kata Febri, keempat tersangka tersebut akan menjalani persidangan di Pontianak. Selain itu, dari keempat tersebut penyidik KPK telah memeriksa sebanyak 100 orang saksi.

"Selama penyidik ini ada sekitar 100 saksi yang kami periksa baik di Jakarta ataupun di Pontianak," kata Febri.

Saksi yang telah diperiksa dari berbagai unsur, diantaranya Wakil Bupati Bengkayang, Sekretaris Daerah Bengkayang, Kepala BPKAD Bengkayang, Sekretaris Dinas PU Bengkayang, Kepala Sekolah, Wiraswasta dan Ibu Rumah Tangga.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan sebanyak tujuh orang sebagai tersangka. Diantaranya Suryadman Gidot, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkayang, Aleksius Turut dan lima orang dari unsur swasta yakni Rodi, Yosef, Nelly Margaretha, Bun Si Fat, dan Pandus.

Kelima tersangka dari unsur swasta diduga kuat memberikan suap terhadap Suryadman karena telah memberikan penunjukan anggaran langsung tambahan APBD-Perubahan 2019 kepada Dinas PUPR senilai Rp 7,5 miliar dan Dinas Pendidikan senilai Rp 6 miliar.

Suap tersebut diberikan kelima tersangka dari unsur swasta sebagai setoran awal dengan rincian Bun Si Fat sebesar Rp 120 juta, Pandus, Yosef, dan Rodi sebesar Rp 160 juta serta dari Nelly Margaretha sebesar Rp 60 juta. dilansir RMOL.ID. [ogi]


                   


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00