Terlalu Dini Kaitkan Pertemuan Nasdem-PKS Dengan Pencapresan Anies Baswedan

Politik  SABTU, 02 NOVEMBER 2019 , 06:37:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Terlalu Dini Kaitkan Pertemuan Nasdem-PKS Dengan Pencapresan Anies Baswedan

Surya Paloh saat bertemu Anies Baswedan di Kantor Nasdem, Gondangdia/RMOL

RMOLBengkulu. Pertemuan politik antara Nasdem-PKS dinilai memiliki banyak tafsir politik. Salah satunya adalah upaya Surya Paloh untuk memuluskan jalan Anies Baswedan di Pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Managing Director Paramadina Public Policy Institute, Khoirul Umam melihat, terlalu dini memetakan pertemuan Nasdem-PKS sebagai embrio koalisi menuju Pilpres 2024. Meski demikian, Umam mengatakan peluang itu saja terjadi.   

"Terkait Anies, terlalu dini memetakan pertemuan Nasdem & PKS sebagai embrio koalisi menuju Pilpres 2024. Tapi memang, kemungkinan itu semakin terbuka," kata Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (2/11).

Lebih lanjut Umam menjelaskan, peluang Anies mulus di Pilpres 2024 mendatang akan ditentukan saat Pilkada serentak yang akan diselenggarakan tahun 2022.

Umam memprediksi, jika rezim Jokowi memaksakan kehendak dengan  menunda Pilkada 2022 dan mengganti Gubernur DKI dengan Pelaksana tugas (Plt) peta bisa berubah.

Kata Umam, Kemendagri saat ini dipimpin oleh Tito Karnavian yang memiliki kedekatan politik dengan PDIP.  

"Sebelum masuk 2024, masa depan politik Anies akan ditentukan oleh Pilkada Serentak 2022. Jika partai penguasa melalui pemerintahan berhasil memaksakan kehendak” untuk menunda Pilkada 2022, peta politik akan berubah," tambah Umam. dilansir RMOL.ID. [ogi]


                   


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00