Pilkades 2020, Lebong Ngadu Ke Kemendagri

Daerah  JUM'AT, 01 NOVEMBER 2019 , 18:29:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pilkades 2020, Lebong Ngadu Ke Kemendagri

Reko Haryanto saat konsultasi ke Kemendagri/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong melakukan kunjungan ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, pada Jum'at (1/11).

Kunjungan ini guna melakukan pendapat dan pandangan hukum terkait Penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) yang rencananya akan bersamaan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 mendatang.

Kadis PMDS Kabupaten Lebong, Reko Haryanto mengatakan, Untuk mematangkan persiapan pilkades, konsultasi dengan pihak terkait menurutnya sudah dilakukan.

"Bersurat pada (pemerintah) pusat yang dalam hal ini di bawah kendali Kemendagri telah kita sampaikan," ujar Reko kepada RMOLBengkulu, Jum'at (1/11) sore.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya tinggal menunggu jawaban dari Kemendari melalui surat resmi. Apakah, gelaran Pilkades akan dipercepat atau dimundurkan dari jadwal semula, menurutnya itu tergantung dari kesepakatan bersama.

"Tapi, jawaban dari Kemendagri bukan untuk mengambil sebuah keputusan. Namun, sebagai bahan kajian secara yuridis dengan mempertimbangkan aspek aplikasi di lapangan," tambah dia.

Dia mengutarakan, apabila dari aspek anggaran dalam APBD Tahun anggaran (TA) 2020 mendatang diakomodir, maka Reko memastikan PMDS dalam hal ini tidak akan angkat tangan.

"Yang jelas, kalau anggaran sudah disediakan. Mengapa tidak untuk kita laksanakan untuk tahun depan. Tapi, itu semua tergantung dari keputusan bersama," demikian Reko.

Adapun 15 desa yang akan menggelar Pilkades tahun 2020, diantaranya Desa Talang Ratu, Talang Baru I, Turan Tinging, Kutai Donok, Talang Leak II, Semelako II, Tanjung Bunga I, Sukau Kayo, Sukau Mergo, Embong, Ketenong I, Tambang Saweak, Air Kopras, Ladang Palembang, dan Kampung Dalam. [tmc]


                   


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00