Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dijadwalkan Berlangsung Selama Satu Jam

Nusantara  MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 08:21:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Acara Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Dijadwalkan Berlangsung Selama Satu Jam

Gladi resik pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin/RMOL

RMOLBengkulu. Acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan berlangsung selama satu jam pada Minggu (20/10).

Acara pelantikan presiden akan berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Acara tersebut diperkirakan akan berlangsung selama satu jam sejak pembukaan hingga penutupan. Perkiraan tersebut dapat diketahui setelah menyelenggarakan gladi bersih yang dilaksanakan pada Sabtu siang (19/10).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, gladi bersih acara pelantikan presiden dimulai sejak pukul 14.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Gladi bersih ini menggunakan peran pengganti mulai dari pimpinan MPR, presiden dan wakil presiden terpilih beserta istri dan Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla.

Sedangkan pimpinan MPR yang hadir yakni Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Wakilnya yakni Jazilul Fawaid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Lestari Moerdijat, Ahmad Basarah dan Hidayat Nur Wahid. Mereka hanya menyaksikan gladi bersih yang telah diwakili oleh pemeran pengganti.

Pelaksanaan gladi bersih dimulai sejak kedatangan presiden dan wakil presiden terpilih serta Wakil Presiden yang terakhir beserta istrinya. Usai seluruh pihak terlibat duduk di tempat yang telah disediakan, acara dimulai dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya.

Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta. Selanjutnya pembukaan acara pelantikan yang dipimpin oleh Ketua MPR RI dan dilanjutkan penetapan presiden dan Wakil Presiden terpilih sesuai dengan hasil keputusan KPU.

Selanjutnya, pengucapan sumpah dari presiden dan dilanjutkan pengucapan sumpah oleh wakil presiden. Setelah itu, dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan (BAP) yang dilakukan oleh presiden dan wakil presiden terpilih serta seluruh pimpinan MPR.

Usai penandatanganan BAP, dilanjutkan dengan penyerahan berita acara tersebut yang dilakukan oleh Ketua MPR kepada Presiden.

Setelah itu, dilanjutkan dengan ucapan rasa syukur oleh Ketua MPR setelah presiden dan wakil presiden terpilih dilantik.

Acara pun dilanjutkan dengan pidato awal dari presiden dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar. Selanjutnya kembali menyanyikan lagi Indonesia Raya.

Di ujung acara, Ketua MPR menutup acara pelantikan dan dilanjutkan sesi foto antara pimpinan MPR dengan presiden dan wakil presiden. Dilanjutkan pemberian ucapan selamat dari para tamu negara dan dilanjutkan pemberian ucapan dari Presiden dan Wakil Presiden terdahulu.

Dari seluruh rangkaian yang ada, Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet memperkirakan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan besok Minggu (19/10) akan berlangsung selama satu jam.

"Jadi kalau kita hitung waktunya tadi kurang lebih satu jam," kata Bamsoet kepada wartawan. dilansir RMOL.ID. [ogi]


                   


Komentar Pembaca
Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00