Bantuan Pangan Nontunai Segera Bergulir

Daerah  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 09:44:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Lebong, tidak hanya menerapkan transaksi non tunai di lingkungan Pemkab Lebong. Namun, turut juga akan menerapkan program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) tahun 2019 ini.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid Sosial Jimmy Tri Susilo menjelaskan, BPNT merupakan peralihan dari program beras sejahtera (Rastra).

Peralihan ini dilakukan, agar program bantuan yang dilaksanakan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial tersebut tepat sasaran, dan tidak terjadi penyimpangan.

"Bantuan ini akan langsung diterima oleh masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM). Tidak melalui pemerintah daerah baik Dinas Sosial maupun pemkab," kata Jimmy, Senin (14/10) lalu.

Pada program ini, setiap KPM akan menerima kartu yang menjadi sarana untuk pengambilan bantuan melalui warung yang telah ditunjuk dan ditetapkan sebagai agen penyalur program BPNT

"Ini program nontunai tapi nanti KPM akan menerimanya tidak dalam bentuk uang, melainkan barang. Lain dengan Rastra, pada program ini selain beras masyarakat juga bisa mengambil telur yang total nilainya sebesar Rp 110 ribu per bulan," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk data KPM sendiri pihaknya masih menunggu jumlah, dan nama-nama penerima.

"Jadi nanti masyarakat untuk pengambilan dilakukan di e-warung yang telah ditunjuk, dan ditetapkan sebagai agen penyalur program BPNT. Sementara untuk beras dan telur akan di pasok dari Perum Bulog," lanjut dia.

Evaluasi serta perbaikan data akan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Itu bertujuan agar program tersebut tepat sasaran.

"Bila perlu kita tingkatkan evaluasinya menjadi tiga bulan sekali. Ini untuk mengantisipasi agar KPM di Lebong benar-benar mereka yang berhak menerima bantuan," demikian Jimmy. [tmc]


                   


Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00