Terdampak Kabut Asap, Ini Himbauan Dinkes

Daerah  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 18:32:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Terdampak Kabut Asap, Ini Himbauan Dinkes

Kabut asap di Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kabut asap kiriman mulai melanda Kabupaten Lebong. Akibatnya, kabut asap itu mulai menghambat jarak pandang masyarakat, dalam beberapa hari terakhir ini.

Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman mengatakan, kondisi kabut asap yang menyelimuti Lebong saat ini masuk dalam tahap mengkhawatirkan.

Oleh karenanya, ia mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Lebong agar mengurangi aktifitas di luar ruangan bila tidak ada kepentingan mendesak, agar tidak terlalu lama menghirup udara yang tidak sehat.

"Kalaupun masyarakat hendak keluar, lebih baik memakai masker, agar ada pelindung lah bagi pernapasan," kata Rachman, Selasa (15/10).

Dia mengaku, asap yang melanda Lebong, sekarang ini kemungkinan tidak hanya berasal dari karhutla di daerah ini saja, tapi bisa saja kabut asap tersebut kiriman dari daerah tetangga.

Sebab, karhutla di provinsi tetangga Bengkulu, seperti Sumsel dan Jambi sudah berlangsung cukup lama, dan kini kabut asap di dua provinsi itu tebal.

Ia pun menambahkan agar masyarakat selalu membiasakan hidup bersih dan sehat, terutama banyak mengonsumsi buah, dan sayur-sayuran, serta perbanyak konsumsi air putih.

"Pencegahan dimaksud guna mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat kabut asap. Artinya, segera mungkin mendapatkan penanganan medis bila dirasa kondisi tubuh mulai sulit bernapas dan mengalami gangguan kesehatan lain," imbaunya. [tmc]


                   



Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00