Pilkades 2020 Belum Tentu Mundur

Daerah  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 07:54:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pilkades 2020 Belum Tentu Mundur

Reko Haryanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Rencana untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak gelombang ketiga di Kabupaten Lebong semakin buram.

Menyusul, jadwal tahapan pelaksanaan  pilkades yang sudah terjadwal tahun 2020 mendatang diproyeksikan mundur.

Namun demikian, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto mengaku, rencana itu belum final.

Sebab, ia khawatir nanti banyak pihak yang akan menuntut agar Pilkades serentak tetap sesuai jadwal.

Itupun apabila masih mengacu pada Perbup Nomor 47 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Perbup nomor 29 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pilkades Serentak.

"Belum ada petunjuk resmi dari pimpinan," ujarnya, kemarin (9/10) kepada RMOLBengkulu.

Disisi lain, ia optimis gelaran Pilkades akan tetap digelar tahun 2020 mendatang. Meskipun ada wacana untuk mengundurkan gelaran Pilkades.

Diterangkan Reko pihaknya menunggu persetujuan dalam pembahasan APBD Murni 2020, mengingat dana pelaksanaan Pilkades bersumber dari APBD.

"Dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi dengan pimpinan. Setidaknya rancangan anggaran sudah kita usulkan," demikian Reko.

Adapun belasan desa yang akan menggelar Pilkades tahun 2020, diantaranya Desa Talang Ratu, Talang Baru I, Turan Tinging, Kutai Donok, Talang Leak II, Semelako II, Tanjung Bunga I, Sukau Kayo, Sukau Mergo, Embong, Ketenong I, Tambang Saweak, Air Kopras, Ladang Palembang, dan Kampung Dalam. [tmc]




Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00