Ini Peran Dan Fungsi LPS Dalam Sistem Perbankan

Nusantara  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 19:48:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Ini Peran Dan Fungsi LPS Dalam Sistem Perbankan

Foto bersama narasumber dan sekretaris LPS / RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar gathering bersama media pada Rabu,  (9/10) di Hotel Santika Bengkulu. Kegiatan ini mengusung tema peran, dan fungsi LPS dalam sistem perbankan Indonesia.

Adapun dua narasumber yang dihadirkan yakni, Kepala Divisi Perhitungan dan Verifikasi Premi Group Penanganan Premi Penjaminan LPS, Budi Joyo Santoso, dan Dosen Keuangan dan Kepala Jurusan S3 Universitas Bengkulu (UNIB), Prof Dr Kamaludin.

Sekretaris LPS Muhammad Yusron menjelaskan, bahwa LPS memberikan  perlindungan terhadap simpanan nasabah perbankan.

Hal tersebut diatur oleh undang-undang nomor 24 tahun 2004 tentang lembaga penjamin simpanan dan undang-undang nomor 9 tahun 2016 tentang pencegahan dan penanganan krisis sistem keuangan.

"LPS sudah berdiri sejak tahun 1998 hingga sekarang, telah tercatat sebanyak 1828 bank yang tergabung dan terdiri dari 111 bank umum dan 1717 dari bank BPR," katanya, Rabu (9/10).

Lanjut dia, program penjaminan simpanan ini mampu menjamin Rp 2 miliar per nasabah. Namun harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh LPS

"Pertama, tercatat pada pembukuan bank, tingkat bunga simpanan tidak melebihi bunga penjaminan LPS, dan yang terakahir tidak melakukan tindakan yang merugikan bank," sambungnya

Untuk Provinsi Bengkulu, kata dia, secara perbankan masih dalam kategori baik meski ada 1 bank yang telah ditutup. Di sisi lain, semua bank yang ada di wilayah Indonesia merupakan peserta penjamin LPS.

"LPS memberikan jaminan kepada setiap nasabah yang menabung atau meminjamkan uangnya di bank. Untuk Bengkulu sendiri untuk kondisinya masih baik, meskipun ada 1 bank yang tutup. Tapi, kita LPS telah melakukan penjaminan pada nasabah tersebut," tutup Yusron. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40