Belajar Tupoksi, Anggota DPRD Ikut Orientasi

Daerah  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 16:05:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belajar Tupoksi, Anggota DPRD Ikut Orientasi

Anggota dprd lebong ikut orientasi/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Penyelenggaraan Orientasi tugas Anggota DPRD sangatlah penting karena merupakan cara untuk meningkatkan kualitas Anggota DPRD dalam menjalankan tugas anggota Legislati.

Oleh karenanya, sebanyak 25 orang Anggota DPRD Kabupaten Lebong mengikuti orientasi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD di salah satu Hotel ternama di Kota Bengkulu.

Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Lebong itu akan berlangsung selama 4 hari dimulai Selasa (8/10) hingga Jum'at (11/10).

Sekretaris DPRD Lebong, Supriono melalui Kabag Hukum dan Persidangan Heni Haryani mengatakan, seluruh anggota dewan yang baru saja dilantik diberikan orientasi terkait tugas, dan kewenangan mereka selama bertugas.

"Orientasi anggota DPRD tertuang dalam aturan Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta Permendagri nomor 14 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD," kata Heni.

Dia menambahkan, kegiatan ini tidak hanya diikuti DPRD Lebong, namun turut juga diikuti oleh DPRD Kabupaten-Kota tingkat provinsi maupun di seluruh Indonesia.

Menurutnya, melalui orientasi ini banyak hal yang akan dibicarakan diantaranya adalah masalah politik, pemerintahan Indonesia, penyusunan RAPBD dan bagaimana membuat Perda dan lainnya.

"Dalam orientasi ini, para anggota dibekali ilmu pemerintahan, mengenalkan tufoksi dewan sebagai bagian dari pemerintahan. Kemudian meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara, dan lain sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen berharap, kegiatan Orientasi ini bisa diikuti dengan baik sehingga apa yang didapatkan nantinya bisa dipergunakan untuk membangun Lebong kedepan.

"Kegiatan ini sangat bagus membuka wawasan anggota DPRD, setidaknya kami lebih memahami apa tufoksi kami sebagai anggota DPRD Lebong," singkatnya. [tmc]



Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40