Pilkades 2020 Dipertimbangan Mundur, Peluang Pjs Kades Bertambah

Daerah  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 07:39:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pilkades 2020 Dipertimbangan Mundur, Peluang Pjs Kades Bertambah

Mustarani/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Lebong yang dijadwalkan tahun 2020 mendatang berpotensi diundur sampai dengan periode berikutnya.

Bahkan, rencana pengunduran jadwal pelaksanaan ini memberi peluang bahwa belasan desa yang menyelenggara pilkades akan dipimpin pejabat sementara (Pjs).

Sekda Kabupaten Lebong, Mustarani mengatakan, kabar bakal undurnya jadwal pelaksanaan pilkades itu masih dalam pertimbangan pihaknya.

Pasalnya, adanya hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 berpotensi dapat menggangu gelaran pilkades serentak gelombang ketiga tersebut.

"Bukan batal, dipertimbangkan untuk diundur. Masih kita bahas. Pertimbangannya karena tahun 2020 ada hajatan pilkada juga," ujarnya, kemarin (7/10).

Dia tidak menapik apabila memang diundur jabatan kades yang berakhir akhir tahun 2019 hingga awal bulan Februari 2020 dipegang oleh pejabat sementara (Pjs) yang berasal dari ASN lingkup Pemkab Lebong.

"Ya pasti. Bisa jadi pada suatu saat akan kito adakan pilkades serentak se-Kabupaten Lebong," ucapnya.

Apakah pilkades untuk belasan desa itu digelar atau diundur, ia mengaku akan menyeret keputusan tersebut dalam sebuah rapat khusus yang melibatkan semua pihak. Terutama, PMDS, TNI-Polri, Kesbangpol, dan OPD terkait.

"Makanya dipertimbangkan, karena ada perhelatan pilkada. Nanti aku bawa ke rapat lengkap biar lebih komprehensif," demikian Mustarani.

Adapun belasan desa yang akan menggelar Pilkades tahun 2020, diantaranya Desa Talang Ratu, Talang Baru I, Turan Tinging, Kutai Donok, Talang Leak II, Semelako II, Tanjung Bunga I, Sukau Kayo, Sukau Mergo, Embong, Ketenong I, Tambang Saweak, Air Kopras, Ladang Palembang, dan Kampung Dalam. [tmc]


                   


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00