Giliran DPRD Seluma Dan Benteng Ikut Orientasi Anggota Dewan

Nusantara  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Giliran DPRD Seluma Dan Benteng Ikut Orientasi Anggota Dewan
RMOLBengkulu. Setelah tiga kabupaten dan 1 kota telah mengikuti orientasi anggota DPRD, Selasa (8/10) menyusul dua Kabupaten di Provinsi Bengkulu juga mengikuti orientasi anggota DPRD yang dipusatkan di Grage Hotel Bengkulu.

Dua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah (Benteng). Orientasi anggota DPRD ini dibuka langsung oleh staf ahli bidang Pemerintahan, hukum dan politik, yakni Oslita.

Orientasi anggota DPRD Kabupaten Seluma dan kabupaten Bengkulu Tengah ini dilakukan selama empat hari dengan pembahasan yang difokuskan adalah mengenai pengelolaan keuangan serta tugas, pokok dan fungsinya sebagai anggota DPRD.

Hal tersebut dijelaskan oleh anggota DPRD Seluma daerah pemilihan (Dapil IV) Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Air Periukan, Kecamatan Lubuk Sandi dari Partai Demokrat yaitu dr. Andry Ady Simbolon usai pembukaan orientasi anggota  DPRD

"Pada orientasi ini,  kita anggota dewan akan diberikan pemahaman atau materi mengenai keuangan daerah, kemudian dana desa serta ada juga materi soal kementerian dalam negeri," kata Andry Ady Simbolon,  Selasa (8/10) kepada RMOL Bengkulu

Lebih lanjut,  Andy mengungkapkan bahwa orientasi ditekankan untuk anggota dewan yang baru agar dapat mempelajari tentang fungsi-fungsi DPRD sebagai pengawasan yang bisa berkoordinasi dengan eksekutif dan legislatif

"Orientasi ini dilakukan selama 4 hari dengan agenda yang berbeda-beda setiap harinya. Dengan adanya orientasi ini bisa menambah wawasan anggota dewan yang baru maupun dewan yang lama. Ditambah lagi baground dari anggota dewan yang lain kan beda-beda juga," sambungnya.

Terpisah, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, bahwa kegiatan orientasi anggota DPRD ini merupakan hal yang sangat penting sehingga harus diikuti dengan baik.

 "Kegiatan seperti ini sangat penting,  apalagi untuk anggota dewan yang baru agar dapat betul-betul memahami tugas, pokok dan fungsi sebagai anggota dewan," ucap Gubernur Bengkulu.

Selain itu, secara sisi aturan-aturan dirinya meminta kepada dinas BPSDM untuk pematerinya lebih banyak melibatkan tentang pengelolahan keuangan,  seperti BPK, Dirjen Kanwil anggaran.

"Sehingga, nanti ketika membangun komunikasi dengan pemerintah atau eksekutif maka akan cepat menemukan titik temu dalam berkomunikasi yang produktif. Serta Dewan juga mempunyai pemahaman-pemahaman tentang tahapan-tahapan pengelolaan anggaran,  pertanggung jawaban. Sehingga nanti kita harapkan ketika  nanti mulai menjalankan roda pemerintahan bersama-sama dengan eksekutif saya kira akan lebih mudah," tutup Rohidin Mersyah.

Sebelumnya, DPRD yang telah mengikuti orientasi adalah DPRD Kota Bengkulu, DPRD Bengkulu Selatan, DPRD Kepahiang dan DPRD Muko-Muko. [ogi]

Komentar Pembaca