Pilbup Lebong Baru 1 Parpol Punya Balon Bupati, Parpol Lain?

Daerah  KAMIS, 03 OKTOBER 2019 , 18:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pilbup Lebong Baru 1 Parpol Punya Balon Bupati, Parpol Lain?

Ilustrasi/Net

RMOLBengkulu. Kendati sudah mendekati tahapan Pemilihan Bupati (pilbup) Lebong, jumlah figur yang berkeinginan maju mulai bermunculan. Partai politil (Parpol) yang melakukan penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati juga masih satu, yakni DPC PDIP Lebong.

Kesepuluh orang yang mengembalikan formulir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati jalur PDIP itu, yakni Kopli Ansori, Dalhadi Umar, Edi Subroto, Yusal Vedo, Angka Wijaya, Teguh Raharjo Eko Purwoto (REP), Armansyah Mursalin, Mirwan Effendi, Wawan Fernandez, dan Wilyan Bachtiar.

Pada Pilbup 2020 Lebong diproyeksikan ada lima pasangan calon bupati dan wakil bupati. Di antaranya empat paslon yang diusung parpol, dan satu paslon dari perseorangan (non-parpol).

Namun demikian, Ketua KPU Lebong, Shalahudin Al Khidhr mengatakan, anggaran yang diajukan KPU belum menuai kesepakatan antara pemerintah daerah dengan penyelenggara.

"Secara nasional tahapan sudah dimulai 23 September lalu. Di sini kita menunggu NPHD dan begitu anggaran turun KPU akan sosialisasi untuk calon perseorangan,” ujarnya, belum lama ini.

Sosialisasi untuk paslon independen atau perseorangan ini juga perlu disosialisaikan, berkaitan dengan syarat-syarat, dan lainnya. Namun, usulan anggaran sebesar Rp 27 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan di 363 TPS belum disepakati.

Kemudian dari pengamatan hingga Oktober, baru satu parpol yang sudah melakukan penjaringan. Sebagai parpol peraih 2 kursi DPRD Lebong, PDIP masih memerlukan koalisi parpol. Sebab, untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati minimal memiliki 5 kursi di DPRD Lebong.

Sedangkan, untuk Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kabupaten Lebong dalam waktu dekat turut juga akan melakukan penjaringan calon kepala daerah untuk mengikuti percaturan politik di Bumi Swarang Patang Stumang itu.

"Itu mengacu pada hasil rapat dengan DPW Perindo di Bengkulu," jelas Baitol baru baru ini.

Tak tinggal diam, Plt Ketua DPD II Golkar Lebong, Lovi Irawan menuturkan terkait Pilbup Lebong, Golkar masih menunggu petunjuk dari DPD Provinsi dan Pusat. Tetapi Golkar menurutnya juga tengah melakukan survei-survei untuk mencari figur bukan hanya di lingkup kader Golkar saja.

Bahkan, di internal Golkar Lebong, beberapa figur juga memiliki kans untuk diusung. "Yang jelas kami juga melakukan survei dan menunggu petunjuk dari pusat. Rencananya besok kita rapatkan dengan Golkar se provinsi Bengkulu,” singkat Lovi. [tmc]


                   


Komentar Pembaca
Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

Dewan Pengawas KPK Jangan Jadi Boneka Kekuasaan

SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 20:09:14

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

Cukai Rokok Naik, Sri Mulyani Pro Asing?

SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 17:50:00

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

Kenapa Wakil Panglima TNI Harus Diaktifkan?

SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 22:30:00