Dua Oknum ASN Rejang Lebong Terancam Diberhentikan

Hukum  KAMIS, 03 OKTOBER 2019 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Dua Oknum ASN Rejang Lebong Terancam Diberhentikan

Dua oknum ASN RL beserta tiga tersangka kasus narkoba/RMOL Bengkulu

RMOLBengkulu. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong saat ini masih menunggu proses penyidikan kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M. Andhy Afriyanto mengungkapkan, pihaknya masih menunggu bukti penahanan dua oknum ASN tersebut untuk memberikan sanksi kepada keduanya.

"Terkait kasus narkoba dua oknum ASN, kita masih menunggu bukti penahanannya untuk tindak lanjutnya, tindak lanjutnya ada dasar-dasarnya nanti, keterlibatan mereka apa, sejauh mana akan ditindaklanjuti sesuai aturan," kata Andhy dikonfirmasi Kamis (3/10).

Dia menjelaskan, kasus narkoba yang menjerat dua oknum ASN berinisial THW (35) dan AW (30) yang diduga bertugas di Dinas Kesehatan Rejang Lebong itu, sesuai  Peraturan Pemerintah (PP) 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pelanggaran berat.

Berdasarkan peraturan tersebut, ASN yang terlibat penyalahgunaan narkoba bisa berupa penurunan pangkat, penurunan jabatan hingga sanksi pemecatan.

"Sanksinya akan melihat tuntutannya berapa lama itu yang akan kita terapkan, tapi dalam PP 53 itu sudah jelas pelanggaran berat, opsinya bisa diberhentikan, penurunan jabatan dan penurunan pangkat selama tiga tahun," ujarnya.

Jika nantinya dua oknum ASN itu dituntut dan divonis diatas dua tahun penjara, otomatis ASN tersebut diberhentikansecara tidak hormat.

Disisi lain Andhy menambahakan, dengan adanya dua oknum ASN yang terjerat kasus narkoba tersebut pihaknya akan lebih menggencarkan sosialisasi di kalangan ASN, dengan menyampaikan aturan-aturan yang berlaku terkait tindak tegas ASN yang melanggar aturan tersebut.

"Sekarang kan sudah jelas, kasus narkoba merupakan pelanggaran yang paling berat, kita himbau untuk seluruh ASN jangan coba-coba dengan narkoba," demikian Andhy.

Sebelumnya dua oknum ASN dilingkungan Pemkab Rejang Lebong diringkus Satuan Narkiba Polres Rejang Lebong bersama 3 tersngka lainnya pada Sabtu malam (28/9) kemarin, yakni THW (35) warga  Kelurahan Adirejo Kecamatan Curup dan AW (30) warga Kelurahan Talang Rimbo Kecamatan Curup, serta tiga tersangka lain yakni AH (56) warga Kelurahan Timbul Rejo Kecamatan Curup, kemudian AL (35) dan LD (30) keduanya warga Desa Talang Blitar Kecamatan Sidang Dataran. [ogi]


                   


Komentar Pembaca