Mobil Damkar Rusak Hambat Penanganan Kebakaran

Daerah  SELASA, 01 OKTOBER 2019 , 17:23:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Mobil Damkar Rusak Hambat Penanganan Kebakaran

Sekretaris Satpol PP dan Damkar, Abdiyanto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sejumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang ada di Kabupaten Mukomuko, ternyata kondisinya sudah memprihatinkan. Berapa diantaranya sudah mengalami kerusakan akibat terpengaruh termakan usia.

Namun demikian, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP dan Damkar) Kabupaten Mukomuko, tetap bekerja maksimal.

Seperti mobil damkar yang ada di Kecamatan Penarik sempat mogok ketika akan melakukan pemadaman di Kecamatan Teras Terunjam.
 
"Waktu itu memang kita mau melakukan pemadaman di Teras Terunjam, hanya saja ada sedikit kendala ketika dalam perjalanan. Namanya kondisi mobil memang sudah tua, jadi ini wajar lah,” jelas Sekretaris Pol PP dan Damkar, Abdiyanto, Selasa (1/10).

Abdiyanto juga menambahkan, keadaan mobil saat ini sedang dalam posisi perbaikan, hanya saja tidak sepenuhnya bisa kembali seperti semula.

Abdiyanto juga berharap, Pemerintah Daerah bisa mengalokasikan anggaran untuk satu unit mobil damkar disiagakan tial Kecamatan.
 
"Artinya, ketika di daerah ada kebakaran, tim damkar bisa segera meluncur. Kalau saja kebakaran terjadi di Kecamatan Ipuh, sementara mobil damkar stay di Penarik, ini sangat memakan waktu,” terang Abdiyanto.

Pihaknya juga selalu mengajukan pengadaan mobil damkar setiap tahunnya, hanya saja belum belum bisa diakomodir. Mobil damkar yang ada saat ini merupakan pengadaan di tahun 2012 lalu.  
 
"Musim kemarau juga sudah terjadi selama beberapa waktu, jadi seandainya masyarakat membutuhkan air bersih, kita bisa langsung bersinergi untuk menyalurkan air, secara khusus yang berkaitan dengan fasilitas umum,” tutupnya.
 
Untuk diketahui, saat ini mobil damkar di Mukomuko sebanyak 6 unit. Masing-masing 2 untmit di Kantor Dinas. Sisanya empat unit disiagakan di kecamatan. Terlebih lagi, dari jumlah itu hanya 4 unit dalam kondisi baik. [tmc]


                   


Komentar Pembaca