Dana Penyertaan Modal BUMDes Di Rejang Lebong Capai 2 Miliar

Daerah  SELASA, 24 SEPTEMBER 2019 , 15:48:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Dana Penyertaan Modal BUMDes Di Rejang Lebong Capai 2 Miliar

Achmed Chalid / RMOL Bengkulu

RMOLBengkulu. Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Achmed Chalid mengatakan, tahun 2019 ini sebanyak 30 dari 122 desa di daerah itu memberikan penyertaan modal untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) nya masing-masing.

"Untuk tahun ini ada sebanyak 30 desa yang mendapatkan penyertaan modal dari pemerintah desanya masing-masing, anggarannya dari Dana Desa," kata Achmed dikonfirmasi RMOLBengkulu, Selasa (24/9).

Pada tahun 2018 lalu sendiri, menurut dia penyertaan modal untuk BUMDes juga dilakukan di 57 desa.

Berdasarkan data dari Tenaga Ahli (TA) Pemdamping Desa didaerah itu, jika diakumulasikan dana penyertaan di 30 BUMDes tahun 2019 tersebut mencapai Rp. 2,57 miliar.

Penyertaan modal untuk BUMDes itu menurut dia menjadi indikator bahwa BUMDes di daerah itu mengalami perkembangan yang cukup baik dengan mengembangkan usaha sesuai dengan potensi desa yang dimiliki.

"Masing-masing desa saat ini sudah memiliki BUMDes, usaha yang dijalankan bervariasi sesuai dengan potensi desa itu sendiri, seperti di wilayah Kecamatan Selupu Rejang, banyak BUMDes nya yang mengembangkan sektor pariwisata, kemudian ada juga di sektor pertanian, peternakan dan lainnya," bebernya.

Selain disektor usaha, sejumlah BUMDes juga menurut dia juga telah memiliki embung atau tempat cadangan air saat musim kemarau, diantaranya di Desa Purwodadi, Desa Kampung Sajad, Desa Sukarami Kecamatan Bermani Ulu dan Desa Derati Kecamatan Kota Padang.

Selain itu juga tahun 2019 ini ditambahkan dia, sebanyak 8 desa juga menerima bantuan dari pusat untuk mengembangkan BUMDes nya, diantaranya di Desa Pal 100, Desa Empat Suku Menanti, Desa Sumber Bening, Desa Tebat Tenong Dalam hingga Desa Derati.

"Sebelumnya kita mengajukan proposan untuk 10 BUMDes, namun yang disetujui 8 desa, bantannya sendiri berupa dana sebesar Rp. 50 juta tiap BUMDes," pungkasnya. [ogi]

Selain bau mulut, ini juga salah satu tanda terserang
Cegah parasit sejak dini dengan pengobatan tradisional ini
Heboh! Telapak tangan pria ini ternyata terserang
Kenali sejak dini tanda-tanda parasit dalam tubuh Anda
Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Jika bau mulut tak hilang ternyata ini cara ampuh membunuh
Basmi parasit sekarang dengan mengonsumsi secara teratur di pagi hari

                   


Komentar Pembaca