18 Saksi Diperiksa, Penetapan Tsk Air Cendam Usai Audit BPKP

Hukum  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 20:39:00 WIB | LAPORAN: AAN SUGIMAN

18 Saksi Diperiksa, Penetapan Tsk Air Cendam Usai Audit BPKP

Kasi Penkum Marthin Luther/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Proses penyelididikan dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) peningkatan jaringan irigasi Air Cendam Bawah yang terletak di Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong, masih terus berjalan.

Meskipun perkara ini telah masuk ke tahap penyidikan. Namun belum ada pihak yang dibidik menjadi tersangka.

Bahkan, Penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu belum bisa menetapkan tersangka sampai audit perhitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) diterbitkan.

Diketahui sudah 18 saksi sudah diperiksa dalam paket kegiatan milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, dan Perhubungan (PUPR-P) Kabupaten Lebong senilai Rp 2,9 Miliar dalam APBD Lebong Tahun Anggaran (TA) 2018 tersebut.

Saksi itu meliputi pihak PT Valse Citra Mandiri selaku pelaksana kegiatan, konsultan, hingga Bagian Layanan Pengadaan Setda kabupaten Lebong.

Demikian disampaikan Kepala Kejati Bengkulu Amandra Syah Arwan melalui Kasi Penkum Kejati Marthin Luther, di ruang kerjanya, Rabu (18/9).

"Kita sudah mengirim surat dan menunggu saksi ahli audit BPKP untuk mengetahui berapa total kerugian negara," kata Marthin.

Untuk diketahui, dalam proyek ini Kejati telah menemukan indikasi perbuatan melawan hukum. Sebab, dari pantauan di lokasi, perencanaan diduga asal-asalan. Mengingat, jalur pembuangan dari irigasi tidak jelas. Sehingga kerap membuat banjir di bagian ujung irigasi. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40