Oknum Kades SS Resmi DPO Penyelewengan DD

Daerah  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 18:24:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Oknum Kades SS Resmi DPO Penyelewengan DD

Agustian/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Kejaksaan Negeri Rejang Lebong resmi menetapkan oknum Kepala Desa Selamet Sudiarjo (SS) Kecamatan Bermani Ulu Raya (BU), Sukardi sebagai buronan dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong, Edi Utama melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Agustian mengatakan, oknum Kades SS masuk dalam DPO lantaran selama ini yang bersangkutan tidak pernah memenuhi panggilan penyidik atas kasus dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) tahun 2017 lalu.

"Yang bersangkutan saat kita panggil sebagai saksi tidak pernah hadir, termasuk setelah ditetapkan tersangka dia tidak memenuhi panggilan kita untuk diperiksa, saat ini dia sudah kita tetapkan sebagai DPO," kata Agustian kepada awak media, Selasa (17/9).

Pihaknya menetapkan tersangka sebagai DPO terhitung sejak 5 September 2019 kemarin, dimana pentepan status DPO itu setelah dilakukan semua tahapan penyelidikan.

Dalam kasus penyelewengan DD itu, penyidik baru menetapkan satu orang tersangka yakni oknum Kades SS, dimana dalam kasus tersebut tersangka ini bertanggung jawab penuh atas kegiatan yang dilaksanakan.

"Sementara kita baru menettapkan satu tersangka, tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain nantinya," imbuhnya.

Berdasarkan hasil audit ivestigasi Inspektorat Daerah Rejang Lebong, dalam kasus penyelewengan DD kerugian negara yang muncul mencapai Rp 300 juta.

Kerugian negara itu muncul akibat kegiatan fiktif dari DD, dimana menurut Agustian, oknum Kades tersebut mengelola sendiri DD tersebut, tanpa melibatkan perangkat yang lain, sehingga laporan pertanggung jawaban (Lpj) DD tahun 2017-2018 juga dibuat.

"Kegiatan fiktif yang dilakukan berupa pembangunan pelapis tebing dan plat deker, kemudian pajak dari transaksi kegiatan juga tidak disetor," demikian Agustian. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40