Meriahkan MTQ, Disperindag Mukomuko Gelar Bazar

Daerah  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 14:30:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Meriahkan MTQ, Disperindag Mukomuko Gelar Bazar

Kabid Perdagangan, Antoni/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu.  Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) dalam mendukung kegiatan MTQ 3 minggu yang akan datang, akan mengadakan bazar.

Adapun untuk bazar tersebut dibuka dengan sebanyak 40 tenda, 9 tenda untuk Kabupaten yang ada dan 1 untuk Provinsi Bengkulu. Sementara tenda yang tersisa sebanyak 30 dikhususkan untuk UKM masyarakat Mukomuko.

Dijelaskan Kepala Bidang Perdagangan Disperindag dan UKM Mukomuko, Antoni Disperindag hanya menyediakan tenda sebanyak 40, 10 untuk Kabupaten dan Provinsi, dan yang 30 lagi untuk UKM.

Sementara itu, untuk jenis barang yang boleh didagangkan ditentukan langsung oleh Disperindag, yaitu berupa kerajinan tangan yang dihasilkak oleh masyarakat Mukomuko, makanan khas Mukomuko, dan pakaian pria/wanita yang bernuansa muslim.

Dengan demikian, pihak Disperindag tidak mengizinkan jika masyarakat yang menggunakan tenda yang telah disediakan menjual barang diluar ketentuan yang sudah ditetapkan.

Jadi kerajinan tangannya nanti berupa kaligrafi, lukisan dan sebagainya. Untuk makanan khas Mukomuko yaitu sambal lokan dan sejenis keripik, didukung dengan makanan lainnya. Kalau untuk pakaian kita khususkan busana muslim karena ini berketepatan dengan kegiatan MTQ, jadi agar tidak adanya pertentangan nantinya. Hanya saja syaratnya makanan tersebut harus sudah dalam bentuk kemasan,” terang Antoni.

Ia juga menambahkan untuk harga bazar itu sendiri, Disperindag langsung menyerahkan sendiri kepada pedagang, sehingga disesuaikan dengan budget masing-masing. Dan untuk tenda pun, tidak dikenakan biaya sewa kepada pedagang.

Kita tidak pungut biaya apapun untuk masyarakat yang menggunakan tenda, harga dagangannya juga kita langsung serahkan masing-masing kepedagang, jadi mereka bisa langsung sesuaikan sendiri mau budget harga berapa. Karena tujuan kita juga salah satunya untuk mempromosikan hasil atau pun khas Mukomuko, dan sama-sama mendukung kesuksesan acara MTQ ini nantinya serta membantu ekonomi masyarakat Mukomuko,” tutup Antoni. [ogi]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40