Seluruh Desa Di Rejang Lebong Belum Ada Mengajukan Pencairan DD

Daerah  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 11:18:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Seluruh Desa Di Rejang Lebong Belum Ada Mengajukan Pencairan DD

Bobby Harpa Santana/RMOL Bengkulu

RMOLBengkulu. Meski proses pengajuan pencairan Dana Desa (DD) tahap ketiga sudah dapat dilakukan, namun sebanyak 122 desa di Kabupaten Rejang Lebong belum ada yang mengajukan.
"Hingga saat ini belum ada satu desa pun yang mengajukan pencairan DD tahap ketiga sebesar 40 persen," kata Kepala Bidang Kelembagaan Sosial Budayadan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana, Senin (17/9).

Sejauh ini kata dia, masing-masing desa masib melakukan penginputan capaian tahap kedua melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara atau disingkat OM SPAN, jika syarat sudah disiapkan tiap desa maka proses pencairan dapat dilakukan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).  

"Syarat yang harus dilampirkan dalam pengajuan pencairan DD tahap tiga oleh desa yakni harus diatas 50 persen dan realisasi penyerapan oleh desa sudah 75 persen," imbuhnya.

Meski proses pengajuan pencairan DD tahap ketiga masih cukup panjang, namun ditambahkan Bobby, pihak desa harus segera mengurusnya sehingga anggaran dapat diserap 100 persen, karena apabila dana tidak terserap akan kembali ke kas negara.

Dia mengakui, sebelumnya pencairan DD di daerah itu mengalami keterlambatan karena ada beberapa desa yang jabatan Kadesnya telah berakhir dan harus menunggu penunjukan pejabat sementara (Pjs) Kades, dimana Pjs Kades tang baru banyak yang belum mengerti mekanisme pencairan DD. [ogi]


Komentar Pembaca