56 Desa Di Rejang Lebong Bakal Gelar Pilkades 2020

Daerah  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

56 Desa Di Rejang Lebong Bakal Gelar Pilkades 2020

Pilkades di Rejang Lebong tahun 2017 lalu / RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2020 nanti di Kabupaten Rejang Lebong akan dilaksanakan di 56 desa. Hal itu sebagaimana disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Achmad Chalid melalui Kabid Kelembagaan, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa, Bobby Harpa Santana.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah menerima petunjuk dari Bupati Rejang Lebong terkait waktu pelaksanaan Pilkades, dimana Pilkades bakal digelar pada Februari 2020 mendatang, dimana sosialisasi Pilkades sendiri dimulai sejak November 2019 nanti.

"Saat ini sejumlah desa telah membentuk panitia Pilkades termasuk BPD masing-masing desa juga telah membentuk panitia pengawas Pilkades," kata Bobby kepada awak media.

Anggaran pelaksanaan Pilkades sendiri disebutkan dia akan dianggarkan dalam APBD Rejang Lebong tahun 2020, hanya saja pihaknya sampai sekaramg belum mengetahui besaran anggaran Pilkades tersebut.

Di sisi lain Bobby menyampaikan, dari sebanyak 56 desa yang akan menggelar Pilkades, sebanyak 54 jabatan kepala desanya telah berakhir sejak 27 Agustus 2019 lalu, sedangkan dua jabatan kepala desa lainnya berakhir pada 2020 nanti.

"Untuk jabatan Kades yang kosong akan diisi oleh Pejabat sementara atau Pjs, Pjs ini Kades nantinya akan diisi oleh PNS yang ditunjuk oleh Camat setempat dan diprioritaskan PNS yang berdomisili di kecamatan masing-masing," imbuhnya.

Sejauh ini ditambahkan dia, sudah ada 10 Pjs Kades yang SK penunjukannya telah ditandatangi Bupati Rejang Lebong, 10 Desa yang sudah ada Pjs Kades itu tersebar di Kecamatan Curup Timur dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu, sedangkan yang lainnya akan menyusul.

Adapun 56 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak 2020 mendatang yakni empat desa di  Kecamatan Curup Utara, tiga desa di Curup Timur, empat desa di Kecamatan Curup Selatan empat desa dan satu desa di Kecamafan Curup Tengah.

Kemudian empat desa di Kecamatan Sindang Kelingi, satu desa di Kecamatan Sindang Dataran, lima desa di Kecamatan Kota Padang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir, delapan desa di Kecamatan Bermani Ulu, empat desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Selanjutnya empat desa di Kecamatan Padang Ulak Tanding, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ulu lima desa, lima desa di Kecamatan Selupu Rejang dan tiga desa di Kecamatan Binduriang. [tmc]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Prabowo Tawarkan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 22:28:40