Total Enam Fraksi, Tiga Partai Bentuk Fraksi Baru

Daerah  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Total Enam Fraksi, Tiga Partai Bentuk Fraksi Baru

Rama Chandra/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinamika politik di lembaga DPRD Kabupaten Lebong kini mulai hidup pada proses pembentukan fraksi-fraksi. Terkait hal itu, tiga partai politik yang terdiri dari PDIP, Gerindra, dan Hanura rencananya bergabung membentuk fraksi baru.

Kesepakatan itupun sudah semakin nyata, menyusul sudah muncul nama, yaitu Fraksi Gerakan Nurani Perjuangan Rakyat (GNPR). Adapun fraksi ini akan menghuni 5 kursi di DPRD Lebong. Dengan rincian Gerindra 2 kursi, PDIP 2 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Lebong, Rama Chandra. Dewan dari partai Gerindra ini menuturkan, bahwa pembentukan fraksi tersebut merupakan bagian dari keputusan partai masing-masing.

"Alasan pertama kami belum membentuk fraksi sendiri terkait jumlah sendiri. Selanjutnya, masing-masing partai sepakat membentuk fraksi baru," ujar Rama kepada RMOLBengkulu, Rabu (11/9).

Selain itu, dibentuknya fraksi gabungan ini dengan alasan supaya aspirasi partai politik lebih berkolaborasi.

"Karena lewat fraksi gabungan ini juga kita dapat bersama - sama dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat yang lebih besar lagi," pungkas dia.

Terpisah, Sekretaris DPRD Lebong, Supriono menambahkan, secara keseluruhan total fraksi di DPRD Lebong bakal berjumlah enam fraksi. Masing-masing, fraksi PAN, NasDem, PKB, Perindo, Demkorat, dan fraksi Gerakan Nurani Perjuangan Rakyat.

"Ini berdasarkan surat partai yang masuk ke sekretariat DPRD Lebong," ucapnya.

Dia menjelaskan, dari keenam fraksi itu hanya PAN, PKB, Perindo secara satu utuh tanpa gabungan. Sedangkan, tiga fraksi lainnya meliputi Fraksi NasDem, Demokrat, dan Fraksi Gerakan Perjuangan Rakyat sepakat untuk membentuk fraksi gabungan.

Dimana PBB telah memutuskan pertama kali berlabuh ke fraksi NasDem. Disusul partai Golkar bergabung ke Fraksi Demokrat. Sementara partai PDIP, Gerindra, dan Hanura akan membentuk fraksi sendiri.

"Surat resmi dari Demokrat secara resmi belum kita terima. Tapi, setelah surat Golkar masuk kita pastikan partai itu akan bergabung Demokrat," tutupnya. [tmc]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN