Lima Fraksi Terbentuk, Partai PBB Gabung NasDem

Daerah  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 16:36:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Lima Fraksi Terbentuk, Partai PBB Gabung NasDem

Rapat Paripurna DPRD Lebong/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Setelah dilantik pada 26 Agustus lalu, tercatat sebanyak lima fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lebong telah dibentuk. Susunan dan nama fraksi diumumkan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Lebong Sementara, Carles Ronsen, pada Senin (9/9).

Adapun kelima fraksi itu berasal dari 10 parpol yang memperoleh kursi di DPRD Lebong, yakni fraksi PAN, NasDem, Demokrat, PKB, dan Perindo yang telah memiliki minimal 3 kursi DPRD Lebong sebagai syarat pembentukan fraksi.

Perlu diketahui, PBB dan Hanura saat ini hanya memiliki satu kursi di DPRD Lebong. Sementara partai Golkar, Gerindra, PDIP dua kursi.

Dengan perolehan kursi tersebut, lima partai ini tidak bisa membentuk fraksi sendiri, atau mau tidak mau harus bergabung atau membetuk fraksi bersama. Untuk PBB yang hanya satu kursi, sudah dipastikan bergabung dengan Nasdem yang memiliki tiga kursi.

Sementara Hanura yang memiliki satu kursi, serta partai Golkar, Gerindra, dan PDIP belum memberikan rekomendasi terkait pembentukan fraksi di DPRD Lebong.

"Hari ini kita sudah menyurati partai Golkar, Gerindra, PDIP, dan Hanura untuk memberikan rekomendasi pembentukan fraksi," kata Ketua DPRD  Sementara Lebong, Carlen Ronsen, Senin (9/9) siang.

Dia menyatakan, rekomendasi empat parpol terkait pembentukan fraksi tersebut ditunggu paling lambat tanggal 12 September 2019 mendatang.

"Saat ini, masih menunggu surat rekomendari dari empat Partai masing-masing. Semakin cepat maka semakin lebih baik," demikian Carles. [tmc]

Komentar Pembaca