Korban Cabul Anak Tiri Diberikan Trauma Healing

Daerah  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Korban Cabul Anak Tiri Diberikan Trauma Healing

Jusmaini/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3PA-KB) Kabupaten Lebong, menggelar kegiatan trauma healing untuk korban pencabulan Kuntum (16) yang dilakukan Ayah Tirimya berinisial Si (40) warga Kecamatan Topos.

Kepala DP3PA-KB Lebong Drs Firdaus melalui Kabid Pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak dan perempuan (PPKTAP), Jusmani menyatakan, kegiatan trauma healing menjadi salah satu program yang digelar untuk menjaga kondisi kejiwaan anak-anak di daerah itu.

"Kami sudah turun dan ketemu korban, setidaknya kunjungan awal kami untuk memberikan dukungan agar korban tetap kuat menghadapi kasus yang saat ini diusut kepolisian," ujarnya Jum'at (6/9).

Lanjut dia, pendampingan yang dilakukan adalah dengan memberikan terapi psiko sosial. Sehingga bisa menghilangkan trauma sekaligus pemulihan pada korban.

"Hasil kunjungan pertama memang korban secara psikologis masih berat menerima kenyataan yang dihadapinya, seperti ada rasa malu dan sedih. Tapi kita sarankan korban tetap bersekolah dan harapannya lingkungan sekolah juga memberikan dukungan," tambah dia.

Lebih jauh ia menyatakan, pihaknya akan menggandeng psikolog dari RSUD Lebong. Memang korban perlu motivasi dan dukungan secara serius, dan lingkungan mendukung pemulihan psikolog, aparat desa juga harus lebih waspada, meningkatkan kontroling lingkungannya.

"Besok (Sabtu,7/9) kami jadwalkan mengajak psikolog dari RSUD Lebong untuk memberikan bimbingan konseling langsung kepada korban," tutupnya. [tmc]



Komentar Pembaca