Pasca Rusuh, Aparat Evakuasi Pendukung Malaysia Ke Bandara

Sport  JUM'AT, 06 SEPTEMBER 2019 , 08:13:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Pasca Rusuh, Aparat Evakuasi Pendukung Malaysia Ke Bandara

Pertandingan Indonesia melawan Malaysia di SUGBK/RMOL

RMOLBengkulu. Situasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah berangsur kondusif. Hal ini menyusul rusuh yang bermula saat pendukung Timnas Indonesia mengintimidasi pendukung tim tamu, Malaysia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dandim 0501/JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana mengatakan, massa dapat dikendalikan dan secara kondusif kembali ke rumah masing-masing dengan aman.

"Sementara, seluruh pasukan anti huru hara Polri ditarik mundur. Pasukan Kodam Jaya BKO Polda Metro Jaya di-standby-kan di pagar Plaza Barat SUGBK kompleks," kata Wahyu di Jakarta, Kamis (5/9).

Wahyu menguraikan bahwa tindakan anarkis pendukung Garuda memuncak usai laga berakhir, tepatnya saat timnas kalah 2-3 dari Malaysia. Suporter Indonesia melempari aparat menggunakan batu dan kayu di dalam stadion.

"Mereka kami dorong keluar hingga saling lempar berlanjut ke Plaza Barat. Polisi menenangkan mereka dengan menembakkan gas air mata," jelas Wahyu.

Penanganan terhadap massa akhirnya ditangani melalui negosiasi oleh Wahyu bersama unsur Polisi Militer dan pasukan lainnya.

Kini, kata Wahyu, aparat berhasil membawa Timnas Malaysia ke Hotel Mulia, yang merupakan tempat menginap mereka.

"Kami juga fokus mengevakuasi suporter Malaysia ke Bandara Soekarno-Hatta," terang Wahyu dilansir RMOL.id.

Aksi bakar-bakaran sempat terjadi di kawasan GBK pasca kekalahan Indonesia. Suporter Indonesia seperti melampiaskan amarah lantaran tim kesayangannya kalah.

Dalam pertandingan ini, Indonesia sempat unggul cepat melalui gol Alberto Goncalves di menit 12. Namun Malaysia berhasil menyamakan kedudukan melalui kaki Mohamadou Sumareh di menit 36.

Indonesia tidak butuh waktu lama untuk kembali unggul. Hanya butuh waktu dua menit dari gol Sumareh, Beto Goncalves kembali mencatatkan nama di papan skor.

Namun demikian, Malaysia menggila di babak kedua. Syafiq Ahmad menyamakan kedudukan di menit ke-66. Sedangkan di penghujung laga Sumareh berhasil membawa Negeri Jiran menang berkat gol di menit 90+6. [tmc]




Komentar Pembaca