Ini Syarat Cakada Jalur Independen

Syarat dukungan Calon Independen Wajib Pakai Pernyataan Pemilik KTP

Politik  KAMIS, 05 SEPTEMBER 2019 , 16:21:00 WIB | OLEH: REDAKSI

Ini Syarat Cakada Jalur Independen

Irpanadi

RMOLBengkulu. Ini informasi penting bagi para bakal calon kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan maju di Pilkada serentak 2020 mendatang. Apa itu? Salah satunya syarat dukungan untuk calon independen atau perseorangan wajib menyertakan surat pernyataan dari pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ketua KPU Kaur, Mexxy Rismanto melalui Divisi Teknis Irpanadi mengatakan, bahwa pihaknya sudah menerima surat edaran KPU RI terkait dengan aturan persyaratan untuk calon kepala daerah, dan wakil kepala daerah yang akan maju di pemilu yang digelar pada 23 September 2020 mendatang. 

"Sesuai SE Nomor 1917 tentang tahapan pencolonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta walikota san Wakil Walikota tahun 2020, maka syarat dukungan untuk calon perseorangan wajib setiap KTP disertai surat pernyataan dari pemilik KTP.  Kemudian KTP juga wajib KTP elektronik," ujar Irpanadi, Kamis (5/9).

Dikatakannya, bahwa kalau ada dukungan KTP yang disampaikan nantinya tidak disertai surat pernyataan dari pemilik KTP maka dianggap tidak masuk menjadi syarat dukungan. Dimana dalam surat pernyataan tersebut, identitas pemilik KTP tertuang jelas dan menyatakan dukunganya ke salah satu calon perseorangan.

"Penetapan Syarat dukungan dan penyebaran sesuai rekapitulasi DPT itu dijadwalnya itu pada 25 November sampai dengan 8 Desember 2019. Kemudian penyerahan dukungan pada 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020," terangnya.

Kemudian dijadwalkan sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2019, dan UU Nomor 10 tahun 2016 bahwa untuk jumlah dukungan syarat calon perseorangan itu 6,5 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Kaur. Yang nantinya tersebar di 15 kecamatan dalam wilayah 192 desa dan 3 kelurahan.

"Jadi ini syarat harus benar benar menjadi perhatian. Karena semua syarat dukungan KTP itu akan dilakukan verifikasi dengan teliti. Namun nantinya akan ada masa perbaikan syarat jika memang ada kekurangan," ungkap pria yang dekat dengan kalangan wartawan ini. [ogi]

Komentar Pembaca