Festival Tabut Bengkulu 2019 Dimulai

Nusantara  MINGGU, 01 SEPTEMBER 2019 , 08:02:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Festival Tabut Bengkulu 2019  Dimulai

Pembukaan festival tabut oleh Gubernur Bengkulu /RMOL

RMOLBengkulu. Festival Tabut 2019 kembali digelar di Provinsi Bengkulu dengan menyuguhkan segudang kearifan lokal yang dimiliki oleh Provinsi Bengkulu.

Dipusatkan di Lapangan Merdeka View Tower Bengkulu, Festival Tabut 2019 dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang dinobatkan menjadi Rajo Agung pada Festival Tabut tahun 2019 oleh Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bengcoolen.

Turut hadir dalam pembukaan festival tabut tahun 2019, yakni Esti Reko Astuti  tenaga ahli Kementerian Pariwisata Calendar Of Event, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Kepala Dinas Sumatera Selatan, DPD RI Ahmad Kanedi, Kapolda Bengkulu Brigjend. Pol Supratman, dan seluruh Forkompimda di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya, Esti Reko Astuti menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi Gubernur Bengkulu dan masyarakat Bengkulu yang telah menjaga dan melestarikan budaya yang dimiliki oleh Bengkulu, yakni festival tabut untuk dapat diselenggarakan disetiap tahunnya.

"Kami memberikan apresiasi untuk Bengkulu. Karena kegiatannya semakin baik, lingkungan festival tabutnya semakin bersih dari tahun kemarin dan suasananya juga tertib," kata Esti saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa festival tabut sebelumnya telah masuk dalam 100 top national calendar of event didalam kementerian pariwisata RI, dan saat ini telah masuk kedalam 30 besar top national calendar of event.

"Festival Tabut sudah dua kali masuk top national calender of event dan kita berharap hal ini terus dapat ditingkatkan. Karena tahun depan untuk masuk dalam kategori calendar of event akan di tes kembali baik itu mengenai culturul dan kreatifitas atau innovatif. Hal itu tentu harus dipertahankan di festival tabut ini," sambungnya.

Keluarga Kerukunan Tabut Bengcoolen, Syahril Syahboedin berharap tabut ini bisa dikenang sepanjang masa dan menjadi budaya yang harus dilestarikan dan dijaga bersama.

"Semoga tabut bisa dikenang sepanjang masa, dan menjadi budaya dalam mengenang jasa Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di padang Karbala," ucap Syahril.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah juga berharap Festival Tabut 2019 dapat dinikmati oleh semua kalangan yang hadir dan menyaksikan festival tabut yang digelar di Provinsi Bengkulu.

"Semoga kegiatan ini bisa menampilkan sajian budaya Bengkulu yang betul-betul baik, sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat maupun wisatawan dari luar Bengkulu. Menyambut wonderfull 2020, hal ini tentunya bukanlah puncak dari wonderful 2020  tapi ini adalah titik awal bahwa sektor pariwisata bisa mejadi penggerak sektor ekonomi," tutup Rohidin.

Festival tabut 2019 ini berlangsung selama 10 hari yang dimulai pada 1 muharram sampai dengan 10 Muharram, yakni pada tangga 31 Agustus sampai dengan 10 September 2019 mendatang. Dengan berbagai expo yang ditampilkan di lapangan merdeka view tower salah satunya yakni produk-produk unggulan dari Provinsi Bengkulu. [tmc]

Komentar Pembaca