Status Dugaan Korupsi Irigasi Di Lebong Naik Dik

Hukum  RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 14:41:00 WIB | LAPORAN: TRI YULIANTI IMRAN

Status Dugaan Korupsi Irigasi Di Lebong Naik Dik

Penyidik saat meninjau ke lokasi/Ist

RMOLBengkulu. Status dugaan korupsi anggaran dugaan korupsi Peningkatan Jaringan Irigasi Air Cendem Bawah di Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong, yang semula dari penyelidikan resmi naik menjadi penyidikan.

Meningkatnya status penyidikan kasus dugaan korupsi itu sebagaimana disampaikam Aspidsus Kejati Henri Nainggolan saat diwawancarai di Kantor Kejati Bengkulu, Rabu (28/8).

Ia menjelaskan kasus irigasi milik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPR-P) yang bersumber dari APBD Lebong tahun 2018 sebesar Rp2,9 miliar.

Di sisi lain, meningkatnya status tersebut sesuai Surat Perintah Penyidikan (Sprin) Wakil Kejati Bengkulu dengan nomor : Print-421/L.7.1/Fd./08/2019 tertanggal 08 Agustus 2019.

"Setelah melakukan peninjauan dan saat itu tim membawa ahli, dan ditemukan perbutan-perbuatan curang serta indikasi korupsi atau penyelewengan dari proyek tersebut,” ungkap Nainggolan.

Adapun sejumlah pihak yang telah dimintai keterangan, diantaranya pihak PT Valse Citra Mandiri selaku kontraktor, dan sejumlah pejabat di Dinas PUPR-P Lebong.

Kendati demikian, sampai saat ini belum ada satupun tersangka yang ditetapkan penyidik Kejati Bengkulu. Sebab, menurutnya status dugaan korupsi tersebut masih dalam tahapan kategori Dik.

"Proyek ini dilihat secara kasap mata jalur pembuangannya tidak jelas, dan membuat banjir di bagian ujung irigasi tersebut. Volume pengerjaannya belum kita hitug mendetail apakah sesuai di kontrak atau tidak,” jelas Nainggolan.

Lebih lanjut, perkara ini akan menggandeng bantuan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu untuk mengetahui berapa kerugian yang dialami negara.

"Perhitungannya untuk lebih simpelnya kita meminta BPKP,” tutup Nainggolan. [Ogi]

SAMSUNG S9 dengan total hanya Rp. 2.150.000 ! Buruan, jangan sampai kehabisan!
Copy Smartphone terbaik tahun ini sudah bisa Anda dapatkan.
Satu sendok sebelum tidur - pengurangan 7 kg per minggu!
Saya turun 7kg pada minggu pertama berkat hal sederhana ini
Luar biasa saat mengurangi 17 kg dalam 1 bulan dengan solusi langsung di rumah!
Melangsingkan tubuh di rumah, tren terpanas 2019! Daftar sekarang
Ibu dari 5 anak ini memiliki wajah seperti berusia 25 tahun. 10 menit sebelum tidur dia teratur ...
Kantung hitam di bawah mata dan kerutan hilang seketika

                   


Komentar Pembaca