SMAN 05 Akan Permudah Orang Tua Pantau Anak Lewat HP

Pendidikan  SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 05:25:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

SMAN 05 Akan Permudah Orang Tua Pantau Anak Lewat HP

Para pelajar saat absen sidik jari/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. SMA Negeri 05 Kabupaten Lebong, tahun 2019 ini akan memberlakukan absensi sidik jari. Pemberlakuan absensi sidik jari ini masih terbatas atau khusus bagi para pelajar di lingkungan sekolah saja.

Kepala Sekolah SMAN 5 Lebong, Ferdian Midas mengungkapkan, mesin fingerprint yang ditempelkan di tiang-tiang bangunan sekolah. Sebelum masuk kelas, seluruh siswa harus absen di mesin-mesin itu.

"Data ini bersifat grafik serta laporan nanti akan diserahkan ke wali murid untuk laporan bulanan," ujar Ferdian, kemarin (26/8) siang.

Absensi sidik jari ini, kata Ferdian, cukup efektif untuk memantau para siswa. "Jika ada siswa yang terlambat, kita akan tahu. Kalau dilakukan berulang-ulang, kami akan teguran. Kalau sudah parah, orang tuanya kami panggil ke sekolah," ujar Ferdian.

Dia menuturkan, sistem fingerprint ini nantinya akan diintegrasikan ke ponsel milik orang tua siswa. Melalui ponsel itu, mereka akan diterima SMS pemberitahuan dari pihak sekolah bahwa anaknya sudah tiba, begitupun sebaliknya.

"Bagi orang tua siswa yang belum memiliki fasilitas tersebut akan dikirimkan data siswanya melalui SMS Gateway. Tetapi tahapan ini masih dalam proses dan akan menuju ke sana pada akhirnya," tutupnya.

Di sisi lain, ia menyatakan sistem yang diterapkan ini juga sudah dirapatkan oleh komite sekolah dan telah disetujui untuk diterapkan di awal tahun pelajaran 2019-2020. Nantinya sistem akan dimasukkan ke data website sekolah agar dapat dijadikan acuan serta perbaikan lanjutan. [tmc]


                   



Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN