Alat Berat Pinjaman Berhasil Singkirkan Material Longsor Di Empat Titik

Daerah  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 19:14:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Alat Berat Pinjaman Berhasil Singkirkan Material Longsor Di Empat Titik

Material longsor saat dibersihkan/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Satu unit alat berat hasil pinjaman membersihkan atau menggusur material longsoran di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Uram Jaya-Lebong Sakti, atau yang lebih dikenal dengan puncak Rosjonsyah.

Pembersihan material longsor dari badan jalan itu dilakukan Minggu (25/8) pagi sekitar pukul 08.00 WIB di empat titik di sepanjang jalan tersebut.

Plh Kadis PUPR-P Lebong, Jafri melalui Kabid Bina Marga, Dodi Irawan mengaku dari empat titik ada satu titik paling parah dengan panjang longsoran sekitar 50 meter, dan ketebalan hingga 12 meter.

Pihaknya, kata dia mendapat pinjaman alias disewakan alat berat jenis eskavator dari rekanan.

"Karena memang kita tidak mungkin membuka jalan yang kena longsor ini tanpa alat berat. Sedangkan satu alat berat kita jenis Beco digunakan untuk pekerjaan jalan lain," kata Dodi, Minggu (25/8) siang.

Lanjut Dodi, walaupun peristiwa longsor yang ditangani pihaknya itu masuk dalam kategori bencana. Namun, dia memastikan akan tetap aktif untuk menyingkirkan material tersebut dari badan jalan.

"Awal kita bersihkan dengan alat seadanya. Tapi sekarang prosesnya lebih cepat dan ringan karena adanya bantuan pinjaman alat berat PT Statika. Sampai kini penanganan yang kita lakukan untuk longsor itu barulah penanganan darurat untuk mencegah longsor susulan," sambungnya.

Saat ini, katanya, pihaknya sedang mengkaji dan menghitung berapa dana yang dibutuhkan untuk mengatasi longsoran di ruas jalan itu secara permanen. Misalnya, seperti untuk pembangunan tembok penahanan tanah.

"Memang pada prinsipnya butuh begitu. Tapi, menimbang anggaran kita terbatas maka kita tangani sesuai kemampuan kita saja," tutupnya.

Untuk diketahui, longsoran terjadi saat hujan lebat mulai turun di wilayah Lebong. Hujan yang berlangsung beberapa jam itu mengakibatkan ruas jalan itu lumpuh total akibat longsor yang tersebar di satu sampai 4 titik.

Ruas jalan kabupaten tersebut bukan jalan utama alias jalan alternatif untuk pengendara melintasi di dua wilayah, yaitu Kecamatan Uram Jaya dan Kecamatan Lebong Sakti. [tmc]



Komentar Pembaca