Belasan Orang Diperiksa Dalam Kasus Dugaan TPK Di DKP Kota Bengkulu

Hukum  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 19:11:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Belasan Orang Diperiksa Dalam Kasus Dugaan TPK Di DKP Kota Bengkulu

Heru/Ist

RMOLBengkulu. Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu telah memeriksa 14 orang terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi (TPK) pembangunan/rehabilitasi sarana dan prasarana pokok unit perbenihan.

Belasan orang itu meliputi PPTK, PPK, tim PPHP, bendahara pengeluaran, konsultan perencanaan dan pengawas, kontraktor pelaksana, pihak pemberi dukungan CV Dian Bumi Pratama, dan pihak sumber asal calon induk unggul ikan.

Diketahui, paket pekerjaan itu milik Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu senilai Rp 951 juta yang bersumber dari APBD Pemkot Bengkulu Tahun Anggaran (TA) 2018.

"Kami sudah periksa sekitar 14-an orang saksi, di antaranya belasan pejabat di wilayah setempat dan pihak rekanan," kata Kapolres Bengkulu AKBP Prianggodo Heru, kemarin (24/8) siang.

Lanjut dia menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan dan pemeriksaan 14-an orang saksi, secara administrasi diduga banyak ditemukan pelanggaran hukum.

Dimana pekerjaan pembersihan akhir diduga tidak dikerjakan oleh CV Dian Bumi Pratama. Bahkan, pengadaan calon induk ikan nila tidak sesuai dengan spesifikasi dalam RAB sehingga tidak diterima. Bobot pekerjaan yang telah dilaksanakan 51,01 persen.

"Dari hasil penyidikan ditemukan dugaan kelebihan pembayaran, dibanding kan dengan bobot pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh CV Dian Bumi Pratama dan ditemukan kekurangan volume pekerjaan dibandingkan RAB," singkatnya. [tmc]

Komentar Pembaca