Pemindahan Ibukota Bisa Jadi Bencana Kalau Tidak Matang

Nusantara  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 18:21:00 WIB | LAPORAN: OGI MANSYAH

Pemindahan Ibukota Bisa Jadi Bencana Kalau Tidak Matang

Mardani Ali Sera/Net

RMOLBengkulu. Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindah ibukota ke Kalimantan tidak boleh serampangan. Harus benar-benar dipikirkan secara matang, baik itu dampak jangka pendek maupun panjang bagi bangsa.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan bahwa pemindahan pusat pemerintahan itu tidak boleh sebatas pikiran jangka pendek dan segelintir orang.

"Ide besar harus dimulai dari pikiran besar. Pemindahan Ibukota bisa jadi bencana kalau tidak kita jaga,” ujarnya di akun Twitter pribadi, Minggu (25/8).

Pemerintah harus memiliki landasan kuat, mulai dari filosofi, yuridis, sosiologis, ekonomi, ekologi, hingga pertahanan keamanannya.

Di satu sisi, Mardani menilai pemindahan ibukota sejatinya merupakan ide yang baik. Sebab dengan itu, Indonesia punya pusat pemerintahan yang dirancang mulai dari nol.

Bisa didesain yang ekologis, yang humanis dan ekonomis. Saat yang sama juga mencerminkan nilai-nilai Indonesia, " imbuhnya.

"Dia bisa jadi legacy yang baik, warisan yang baik kalau melibatkan seluruh stakeholder. Ayo ini masalah kita bersama," pungkas wakil ketua Komisi II DPR itu. dilansir RMOL.ID. [ogi]




Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

Anies Baswedan Bersama Pemuda Muhammadiyah

SABTU, 30 NOVEMBER 2019 , 09:46:00