Akhirnya Maturitas SPIP Di Level III

Daerah  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 05:52:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Akhirnya Maturitas SPIP Di Level III

Jauhari Chandra/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Target Inspektorat Daerah Kabupaten Lebong, meningkatkan maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) mencapai level 3 (terdefinisi) pada tahun 2019 ini benar-benar terwujud.

Pencapaian ini, diperoleh Pemkab Lebong sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang menginginkan semua kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah se-Indonesia bisa mencapai minimal level 3 pada 2019.

"Ini capaian yang luar biasa. Di usia Lebomg yang baru lima belas tahun lebih, sudah bisa level 3. Masih ada kabupaten yang belum bisa mencapai level 3. Bahkan termasuk di kementerian dan lembaga,” kata Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Lebong, Jauhari Chandra, Sabtu (24/8).

Kata Jauhari, hanya Lebong se-provinsi Bengkulu yang sudah mencapai level 3 untuk SPIP-nya. Ini juga merupakan hasil dari kerja yang baik dari OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Lebong,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan atau kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern.

Sedianya, naiknya level III ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemkab Lebong kedepannya. "Goal de SPIP level 3 dengan kematangan SPIP diharapkan beberapa retemuan atas laporan keuangan pemda dapat diminimaisir. Sehingga dapat juga meminimalisir terjadinya KKN," tutupnya. [tmc]

Diskon gila-gilaan. S9 hanya 2 juta rupiah sampai akhir tahun!
Sisa 10 pcs. Segera dapatkan hanya dengan harga diskon!
Ahli bedah pun kaget! Ibu 54 tahun terlihat lebih muda dari pacar
Wanita modern tahu cara memudarkan keriput dalam 6 jam
Luar biasa, perutnya kehilangan banyak lemak tanpa estetika
Inilah cara saya mengatakan "TIDAK" dengan gemuk setiap malam
Perut yang besar pun mengecil hanya dalam seminggu setelah teratur mengkonsumsi....
Lemak hilang tanpa berolahraga!


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN