KPK Harus Bebas Dari Sandera Politik

Nusantara  SABTU, 24 AGUSTUS 2019 , 05:50:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

KPK Harus Bebas Dari Sandera Politik

Pansel Capim KPK/RMOL

RMOLBengkulu. Panitia Seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan 20 orang yang lolos tes profile assesment.

Masing-masing, 4 orang Polri, 3 orang dosen, 3 jaksa, 2 orang unsur KPK, 2 orang ASN , 1 orang advokat, hakim 1 orang dan lain-lain 2 orang.

Direktur HICON Law & Policy Strategies Hifdzil Alim mewanti-wanti kerja panitia seleksi harus profesional dalam mencari calon komisioner yang nantinya mendapatkan mandat pemberantasan korupsi di Indonesia.

"Terkait personal calon komisioner KPK perlu diperhatikan oleh pansel," kata Hifdzil, Jumat (23/8).

Menurut Hifdzil, seorang calon komisioner KPK harus benar-benar terbebas dari sandera dan kepentingan pihak manapun, sehingga saat menjabat mampu menegakkan aturan dalam memberangus tindak pidana korupsi.

"Personal yang tidak tersandera, baik oleh kasus tertentu, kepentingan politik, maupun sindikat bisnis adalah personal yang patut diperhitungkan untuk mengisi kursi pimpinan KPK." tambahnya dilansir RMOL.id.

Hifdzil menambahkan, pansel KPK masih memiliki pekerjaan rumah besar untuk menggali informasi terkait 20 orang calon pimpinan KPK. Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam mengawal proses capim lembaga anti rasuah. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN