Musim Kemarau Debit Air Irigasi Berkurang

Daerah  RABU, 21 AGUSTUS 2019 , 19:16:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Musim Kemarau Debit Air Irigasi Berkurang

Musim kemarau debit air irigasi di Rejang Lebong berkurang/ RMOL Bengkulu

RMOLBengkulu. Jumlah debit air yang mengaliri areal pertanian warga di Kabupaten Rejang Lebong saat ini mulai berkurang seiring dengan terjadinya musim kemarau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Rejang Lebong, Yusran Fauzi melalui Kepala Bidang Irigasi, Suhairi mengatakan, musim kemarau kali ini memang tidak berdampak besar terhadap sistem irigasi di daerah itu, hanya saja debit air irigasi mengalami pengurangan sebanyak 35 persen dari biasanya.

"Musim kemarau ini debit air irigasi disejumlah wilayah mengalami pengurangan dari biasanya, tetapi pasokan air tetap ada sehingga tidak terjadi kekeringan," ujar Suhairi kepada awak media, Rabu (21/8).

Adapun saluran irigasi yang mengalami penurunan debit airnya, yakni aliran irigasi di Kecamatan Selupu Rejang dan Curup Utara yang airnya bersumber dari sungai Musi Kejalo, saluran irigasi di kawasan bendungan Pelalo Kecamatan Sindang Kelingi.

Meski debit air irigasi mengalami penyusutan, namun menurut dia tidak berdampak terhadap sistem pertanian diwilayah itu, mengingat pasokan air masih mengaliri lahan pertanian warga.

"Hanya debit airnya saja yang berkurang, untuk pasokannya masih tetap mengaliri lahan warga, sehingga tidak berpengaruh terhadap pertanian," imbuhnya. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11