Defisit, Kinerja TAPD Harus Dievaluasi

Daerah  SELASA, 20 AGUSTUS 2019 , 03:50:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Defisit, Kinerja TAPD Harus Dievaluasi

Wawan Fernandez/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Wawan Fernandez mendesak agar kinerja dari para pejabat yang tergabung dalam tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Lebong segera dilakukan evaluasi.

Sebab, kinerja para pejabat ini dinilai tidak becus lantaran dalam tiga tahun terakhir ini Lebong kerap mengalami mengalami defisit anggaran hingga puluhan miliar.

"Miris lagi, reward untuk anggota Paskibraka 17 agustus tidak terakomodir dalam APBD tahun ini. Soal defisit bisa digeser mata anggaran di OPD lain. Karena ada juga beberapa kegiatan di OPD tidak terlalu penting tapi tetap dianggarkan," tegas Wawan, kemarin (19/8).

Dia mengutarakan, bahwa proyeksi pendapatan Pemkab Lebong dalam APBD Perubahan tahun 2019 yang terpantau pertengahan tahun justru belum mencapai target seperti yang diharapkan.

Akibatnya, sejumlah belanja Pemkab yang tersebar dan sudah dikerjakan di semua organisasi perangkat daerah (OPD) terancam tidak bisa dibayarkan.

"Jujur, sebagai Wabup Lebong, saya bersedih melihat kondisi postur keuangan di APBD Lebong yang berantakan saat ini. Bagi saya kinerja Bappeda dan BKD harus dievaluasi," sambungnya.

Oleh karena itu, Wawan mengkhawatirkan pencapaian program pengentasan kemiskinan tidak terwujud hingga masa jabatan dirinya berakhir.

Sedianya, kata Wawan, alokasi pembangunan Lebong Command Center (LCC) yang menguras anggaran miliaran, belum terlalu urgent bagi masyarakat di Kabupaten Lebong.

"Tidak penting sekali, dengan adanya tukin ASN akan hadir tanpa diawasi. Artinya, program pemberdayaan PNS dan masyarakat lebih jelas peruntukkannya. Mereka akan kerja dengan tulus dan ikhlas," ucap Wabup.

Menurutnya, jika ingin sejumlah program unggulan yang menjadi perioritas bisa terwujud, seyogyanya ditopang oleh postur APBD yang bagus dan sehat, yakni baik dari sisi pendapatan maupun belanjanya.

"Selanjutnya, kita mau minjam kemana untuk menutupi kekurangan pendapatan daerah itu. Ini bisa teratasi kalau serius. Cukup evaluasi kinerja pejabat dan langsung dieksekusi. Kalau saya kewenangannya juga terbatas untuk melakukan tindakan tegas," demikian Wabup. [tmc]




                    q


Komentar Pembaca