Pemprov Segera Perbaiki Jalan Provinsi Di Lebong

Daerah  JUM'AT, 16 AGUSTUS 2019 , 06:58:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Pemprov Segera Perbaiki Jalan Provinsi Di Lebong

Dinas PUPR-P melakukan penanganan sementara jalan provinsi rusak parah/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Rusaknya sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Lebong hingga sampai sekarang belum tersentuh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu.

Padahal, batas akhir penyerapan keuangan daerah hanya tersisa lima bulan lagi. Untuk itu, salah satu tokoh masyarakat asal Lebong, Rozi Antoni angkat bicara.

Menurutnya, jalan provinsi yang rusak selama ini kerap menggangu pengguna jalan hingga membahayakan para pengendara. Namun, ia menilai pihak Pemprov lalu lalang begitu saja atas kondisi tersebut.

"Saya belum dapat kabar kalau ada dari Dinas PUPR Provinsi turun melakukan penanganan selama ini," tegas Rozi, kemarin (15/8).

Di sisi lain, ia mengaku hanya Dinas PUPR-P Lebong hingga pertengahan tahun bergerak cepat melakukan perbaikan sementara jalan ini sendiri kerap membahayakan pengguna jalan.

"Soal kewenangan itu urusan belakang. Beruntung ini diperbaiki, kalau tidak bisa membahayakan warga disini yang sering melintas," sambungnya.

Dia berharap setelah Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah beserta jajarannya setelah berkunjung ke bumi Swarang Patang Stumang membawa angin segar bagi masyarakat Lebong.

"Mudah-mudahan dengan adanya survei ke lapangan, bisa dikucurkan Pak Gubernur. Beliau pun bisa meninjau sendiri keadaannya seperti apa. Karena sudah sangat tidak mungkin dilalui masyarakat ketika turun hujan. Dalam kondisi kering saja, sulit dilewati," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengungkapkan, bahwa infrastruktur jalan menjadi prioritas di sisa jabatannya tersebut. Dia memastikan telah meminta Dinas PUPR segera melakukan penanganan.

"Khususnya Lebong, kita berharap benar-benar dapat membangun infrastruktur jalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya saat mengunjungi Lebong belum lama ini.

Dia berjanji, apa yang menjadi keluhan masyarakat tersebut akan segera direalisasikan. "Akan kita tuntaskan. Karena bagaimanapun juga di sisa jabatan saya ini semua pembangunan infrastruktur harus merata," tutupnya.

Kemudian, Plt Kadis PUPR-P Lebong, Jafri melalui Kabid Bina Marga, Dodi Irawan mengaku, jalan Provinsi yang berada di Kabupaten Lebong, tepatnya di sejumlah titik yang mengalami rusak berat, kerap menyebabkan pemerintah daerah merugi.

Bahkan, jalan yang rusak itu memang sudah ada yang diperbaiki hingga dilakukan hingga peningkatan sejak 2015 silam. Namun, rusak kembali setelah air menjalar ke badan jalan.

"Pasca-tergenang air, jalan jadi rusak atau berlubang mulai dari diameter kecil hingga besar," jelasnya.

Akibatnya, arus lalu lintas jalan di kawasan tersebut menjadi tersendat. Bahkan turut juga membuat pengguna jalan di sekitarnya harus ekstra hati-hati.

"Status jalan ini sebenarnya kewenangan Provinsi. Tapi, kita terus upayakan perbaikan, karena kalau hanya menunggu proyek provinsi dimulai, takutnya korban dari masyarakat akan bertambah," demikian Dodi. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11