Dana Pilkada Ditolak, KPU Keberatan

Daerah  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 04:54:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Dana Pilkada Ditolak, KPU Keberatan

Pengesahan APBD Perubahan belum lama ini/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. APBD Perubahan (APBD-P) Kabupaten Lebong Tahun Anggaran (TA) 2019 belum lama ini telah disahkan. Namun, nampaknya Pemkab Lebong tidak menganggarkan biaya Pilkada Serentak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebong itu.

Hal itu sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong, Mustarani saat dibincangi RMOLBengkulu, Sabtu (10/8) lalu.

"Tentang pagu untuk Pilkada 2020 kita mengacu pada kemampuan keuangan daerah. Artinya, memang belum diakomodir di APBD Perubahan karena memang keterbatasan anggaran," kata Mustarani.

Atas kondisi ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong merasa keberatan. Sebab, walaupun PKPU Pilkada 2020 belum diundangkan. Namun, penyelenggara pemilu ini menperkirakan tahapan akan berangsur tahun 2019 ini.

"Tentu begitu. Kita akan berkoordinasi lagi dengan Pemkab Lebong," ujar Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, dikonfirmasi, Selasa (13/8) lalu.

Dia menjelaskan, dalam dalam draf rancangan anggaran Pilkada 2020 ada beberapa tahapan yang disusun tahun 2019 ini.

Diantaranya sosialisasi syarat dukungan calon perseorangan, launching Pilkada, rapat kerja hingga bimtek persiapan pilkada. Dimana pagu dana yang dibutuhkan mencapai Rp 579 juta.

"Info yang kita terima begitu. Biasanya, ada launching Pilkada serentak se-Indonesia dalam bentuk sosialisasi. Ini kan tentunya membutuhkan biaya tak sedikit," jelasnya.

Dia mengaku, dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan Pemkab Lebong. "Kita semuanya berharap Pilkada di Lebong nantinya berjalan sukses dan lancar," demikian Khidhr. [tmc]


Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Samsung S9 menghebohkan pasar dengan promosi paling gila
Hanya sekitar Rp 2.150.000 hari ini! Beli sekarang
Hilangkan 1 kg lemak setiap malam dengan solusi ini!
Lemak perut secara otomatis menghilang ketika Anda gunakan ini


Komentar Pembaca