Dua Titik Api Terpantau Di Rejang Lebong

Daerah  SENIN, 05 AGUSTUS 2019 , 19:08:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Dua Titik Api Terpantau Di Rejang Lebong

Ilustrasi via apk LAPAN

RMOLBengkulu. Komandan Distrik Militer (Dandim) 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav. Budi Wirman menyebutkan, setidaknya terdapat dua titik api (Hotspot) di daerah itu yang terpantau citra satelit.

"Ada dua titik api di Kabupaten Rejang Lebong yang terpantau , untuk Kabupaten Lebong dan Kepahiang sendiri kita belum melihat adanya titik api terpantau melalui satelit," kata Dandim kepada awak media, Senin (5/8).

Dua titik api yang terpantau satelit melalui aplikasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) itu yakni di Padang Ulak Tanding dan di Kecamatan Kota Padang.

Titik api yang terpantau citra satelit itu sendiri menurut Dandim merupakan areal perkebunan warga yang diduga sengaja dibakar oleh oknum warga yang ingin melakukan pembukaan lahan, hal tersebut diketahui usai di kroscek langsung bersama pihak Kepolisian setempat, beruntung api tidak menjalar lebih luas setelah berhasil dipadamkan.

"Saat ini memasuki musim kemarau, tentunya rentan terjadinya kebakaran, kita himbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar," himbau Dandim.

Bagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar ditambahkan Dandim bisa terancam hukuman pidana sesuai pasal yang berlaku, karena aktifitas pembakaran lahan bisa membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan manusia akibat polusi asap. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca