Cegah Banjir, Sampah Di Kali Mulai Dikeruk

Nusantara  SENIN, 05 AGUSTUS 2019 , 07:57:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Cegah Banjir, Sampah Di Kali Mulai Dikeruk

Kepala Dinas SDA, Juaini saat meninjau pengerukan kali di Jalan Kamal Raya, Kelurahan Cengkareng Timur/RMOL

RMOLBengkulu. Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta jelang menghadapi musim penghujan mulai melakukan berbagai antisipasi terjadinya banjir.

Diantaranya, yaitu melakukan pengerukan kali di lima wilayah DKI, Jakarta Barat, Pusat, Selatan, Timur, dan Utara. Tujuannya, untuk membuka jalur air di kali dan sungai di Jakarta, agar tidak terjadi hambatan di saat musim penghujan tiba.

"Diharapkan bisa meminimalisir genangan air di perkampungan warga saat intensitas hujan tinggi pada musim penghujan," ujar Kepala Dinas SDA, Juaini saat meninjau pengerukan kali di Jalan Kamal Raya, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (4/8) siang.

Pengerukan kali telah gencar dilakukan sejak sepekan terakhir dan akan terus berkelanjutan hingga musim penghujan tiba.

"Kita juga menurunkan ribuan personil satgas biru yang ada di bawah naungan Kadis SDA. Satgas biru kita kerahkan untuk mengangkat sampah dan lumpur yang tidak bisa diangkat menggunakan alat berat," jelasnya dilansir RMOLid.

Selain pengerukan, pengecekan kalayakan pompa mobile di sejumlah wilayah juga dilakukan. Termasuk peninjauan terhadap waduk serta evaluasi alat penanggulangan banjir lainnya yang dimiliki Sumber Daya Air DKI.

"Selain itu kita juga melakukan rapat kordinasi dengan pihak-pihak yang terkait. Tujuannya agar penghilangan banjir khususnya di kali dan sungai bisa berjalan lancar," jelasnya. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca
Selama Karhutla Masih Ada, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11