Kasus DBD Rejang Lebong Alami Trend Penurunan

Daerah  KAMIS, 01 AGUSTUS 2019 , 06:08:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Kasus DBD Rejang Lebong Alami Trend Penurunan

Foto/Net

RMOLBengkulu. Kasus serangan Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Rejang Lebong tahun ini diprediksi mengalami trend penurunan, hingga akhir Juni 2019 kemarin angka DBD baru mencapai 70 kasus.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syamsir melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Eni Seri Wahyuni mengatakan, kasus DBD di daerah biasanya banyak terjadi pada awal dan akhir tahun.

"Saat ini trend kasus DBD di Rejang Lebing sedang turun, biasanya banyak terjadi pada awal dan akhir tahun, hingga Juni kemarin warga yang positif terserang DBD baru 70 orang," kata Eni dikonfirmasi RMOLBengkulu, Rabu (31/7).

Meski trend kasus DBD mengalami penurunan dibanding periode yang sama pada tahun lalu, namun dibeberkan dia satu orang warga yang positif DBD dinyatakan meninggal dunia.

Korban yang terserang DBD itu diketahui seorang guru PNS warga Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur yang meninggal pada Mei 2019 lalu.

"Pasien ini terlambat mendaatakan penanganan medis karena terlambat mendatangi pusat kesehatan, meski sempat dirawat di rumah sait namun nyawanya tidak tertolong," imbuhnya.

Guna menekan angka kasus DBD di daerah itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan gerakan 3M plus yakni menguras bak mandi, menutup tempat air, dan mengubur barang bekas serta menaburkan bubuk abate di sumber air.

"Upaya pencegahan  dengan gerakan 3M plus merupakan cara paling efektif untuk menekan angka kasus DBD, untuk itu diharapakan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing," harapnya.

Untuk diketahui, kasus DBD di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2018 mengalami lonjakan dibanding tahun 2017 lalu, pada tahun 2018 tercatat sebanyak 220 warga terserang DBD sedangkan tahun 2017 kasus yang terjadi hanya sebanyak 64 kasus. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca
Korban Ledakan Monas

Korban Ledakan Monas

SELASA, 03 DESEMBER 2019 , 09:03:00