Tim Ops WANALAGA Rejang Lebong Sasar Kawasan Hutan

Daerah  RABU, 31 JULI 2019 , 19:16:00 WIB | LAPORAN: RIZKI MARDANI

Tim Ops WANALAGA Rejang Lebong Sasar Kawasan Hutan

Kayu Meranti hasil Ops Wanalaga/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Tim operasi WANALAGA 2019 Polres Rejang Lebong berhasil mengungkap aksi pembalakan liar di daerah itu dengan mengamankan satu terduga pembalak yang diduga merambah hutan liar serta mengamankan 3,5 kubik kayu.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kasat Reskrim AKP Andi Kadesma didampingi Kanit Tipidter, Ipda Ibnu Sina mengatakan, satu terduga pelaku pembalakan itu berisinial Ha (39) warga Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang yang tengah melakukan aktifitas didalam kawasan TWA Bukit Kaba.

"Dalam operasi bersama pihak BKSDA Bengkulu dan pihak TNKS hari ini kita berhasil mengamankan satu orang terduga pelaku pembalakan serta 3,5 kubik kayu jenis Meranti," kata Ipda Ibnu Sina kepada awak media, Rabu (31/7).

Dijelaskan dia, potongan kayu Meranti sebanyak 3,5 kubik sendiri mereka temukan dilokasi berbeda, yakni di Dusun Merasi Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya, yang diduga berasal dari dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kayu tersebut mereka temukan ditumpuk didalam semak-semak diluar kawasan hutan TNKS.

"Kayu ini ditumpuk dalam semak-semak, meski lokasinya diluar kawasan, namu  diduga kuat kayu ini berasal dari dalam kawasan TNKS, untuk pemilknya sendiri masih kita selidiki," imbuhnya.

Disisi lain, staf perlindungan dan pengamanan kawasan TNKS wilayah VI Bengkulu, Insan Ramdhani menyampaikan, kemungkinan besar kayu yang mereka amankan kemarin berasal dari kawasan TNKS, mengingat kayu jenis Meranti itu hanya ada di dalam kawasan.
 
"Kemungkinan dari dalam kawasan, karena kayu jenis Meranti saat ini hanya ada dalam kawasan TNKS," bebernya.

Kayu yang saat ini diamankan di Mapolres Rejang Lebong tersebut ditambahkan dia terdiri dari beberapa potongan mulai dari balok ukuran 7 x 14 cm, balok 5 x 7 cm dan papan ukuran 4 x25 cm. [tmc]



                    q


Komentar Pembaca