Bangun Sinergitas Program Kerja Antara OPD Dan Pemdes

Daerah  SELASA, 30 JULI 2019 , 18:34:00 WIB | LAPORAN: ALEXANDER

Bangun Sinergitas Program Kerja Antara OPD Dan Pemdes

Saat Acara Berlangsung/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Sinergitas program kerja antara Pemerintah Desa (Pemdes) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penting untuk dibangun kedepannya.

Sebab, dengan seayun selangkah, tentu akan menghasilkan gerak langkah yang ringan, indah serta hasil yang memuaskan dalam mencapai suatu tujuan organisasi.

Demikian disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Reko Haryanto didampingi Kabid PMD, Eko Budi Santoso saat Pemkab Lebong menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa (PID), di salah satu hotel di Lebong, Selasa (30/7).

Menurutnya, kegiatan rapat Tim Inovasi Kabupaten ini untuk menyamakan persepsi dan mendorong seluruh OPD agar dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Program Inovasi Desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa. Tidak ada salahnya OPD mendampingi desa dalam menjalankan program," katanya.

Dia menyampaikan, hal mendasar dalam PID adalah inovasi dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan. Yang dipetik dari realitas atau hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

"Melalui kegiatan ini kami ingin meleburkan ego instansi ke dalam suatu sinersigitas dalam mengefektifkan penggunaan DD dan ADD," sambungnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Lebong  Jafri berharap, agar seluruh Perangkat Daerah dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi yang ada demi suksesnya PID di Kabupaten Lebong.

"Saya berharap kepada Pemerintahan Desa yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Program Inovasi Desa untuk membangun desa, harus ada mitra kerja yang telah diamanatkan dan selalu siap untuk mendukung pelaksanaan program inovasi desa untuk dikembangkan," ujarnya dalam sambutan.

Pantauan RMOLBengkulu, hadir dalam acara tersebut, yakni Asisten I Setkab, Jafri, Inspektur Inspektorat Daerah, Jauhari Chandra, Kadis PMDS Lebong, Reko Haryanto beserta jajaran, serta seluruh perwakilan OPD dan tenaga ahli Kabupaten serta tenaga pendamping desa. [tmc]



                    q



Komentar Pembaca