17 Eks ASN Gugat Bupati Ke PTUN

Daerah  KAMIS, 25 JULI 2019 , 13:48:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

17 Eks ASN Gugat Bupati Ke PTUN

Kepala BKPSDM, Jawoto/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Merasa diberlakukan tak adil, 17 mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mukomuko menggungat Bupati Mukomuko Chaoirul Huda ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Gugatan tersebut dilayangkan setelah mereka dilakukan pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH).

Belasan eks ASN Pemkab Mukomuko yang merupakan mantan narapidana korupsi digugat melalui Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Swarna Bumi.

Diketahui, Kabag Hukum, Assiten I dan Kepala BKPSDM setempat, Senin (21/7) lalu sudah mengikuti proses persidangan pendahuluan mewakili bupati sebagai kuasa hukum.

Kepala BKPSDM Kabupaten Mukomuko Jawoto menjelaskan, pihaknya sudah menghadiri sidang pertama dengan agenda mendengarkan tuntutan keberatan penggugat.

"Senin kemarin kita diundang PTUN untuk sidang pendahuluan mendengarkan tuntutan keberatan dari ASN mantan narapidana yang diberhentikan secara tidak hormat di PTUN Bengkulu," kata Jawoto.

Tuntutan yang diajukan oleh 17 eks ASN ini yaitu menarik kembali SK PDTH. Kemudian, mereka kembali diaktifkan sebagai ASN.

"Kita sudah menjelaskan kronologis proses pemberhentian, karena berdasarkan inkrah pengadilan tipikor. Inkrah dari Pengadilan Tipikor ini masanya berbeda, ada yang tahun 2014 dan juga ada yang tahun 2015 dan bahkan pada tahun 2013, tetapi Bupati memberhentikan baru pada tanggal 31 Desember 2018," tambah Jawoto.

Ia juga menerangkan bahwa Pemda Mukomuko sudah melakukan pemberhentian sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku. Bahkan, Pemkab juga pernah menyampaikan ke BKN untuk memberikan hak seluruh belasan eks ASN pasca PDTH.

Hanya saja, permintaan itu ditolak oleh BKN bahkan kembali mengeluarkan surat untuk segera pemberhentian dengan tidak hormat bagi ASN tersebut.  [tmc]

Komentar Pembaca