Utang Obat RSUD Mukomuko Capai Rp 5,5 M, Pasien Harus Beli Obat Di Luar

Daerah  SELASA, 23 JULI 2019 , 12:24:00 WIB | LAPORAN: RISNA JULIYANA HUTASOIT

Utang Obat RSUD Mukomuko Capai Rp 5,5 M, Pasien Harus Beli Obat Di Luar

RSUD Mukomuko/RMOLBengkulu

RMOLBengkulu. Informasi yang berkembang ditengah masyarakat menyebutkan ketersediaan obat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko sering kosong.

Hal ini menyebabkan keluarga pasien harus membeli obat di apotek yang ada di luar RSUD. Lantas apakah penyebab kosongnya stok obat di RSUD?

Saat dikonfirmasi , Direktur RSUD Mukomuko,Tugur Anjastiko, melalui  Kepala Bidang Pelayanan Medis, Harnovi tak menampik informasi tersebut. Ia menyebut bahwa penyebab kosongnya stok obat lantaran utang RSUD ke supplier obat sudah mencapai Rp. 5,5 miliar.

"Dari tahun 2018 sampai sekarang utang khusus obat kita ini mencapai Rp 5,5 Miliar, kita harapkan masalah ini ada solusi dan segera terselesaikan," ujar Harnovi.

Menurutnya, utang ini akibat dari akumulasi klaim RSUD ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum dibayar.

"Utang RSUD di salah satu penyedia ada yang mencapai Rp 1 Miliar dan ada yang Rp. 400-700 Juta. Untuk hutang yang sudah banyak kita meminta obat ke penyedia mereka tidak mau memberikan sampai utang itu dibayar. Kalau ke penyedia lainnya yang tidak mempunyai utang banyak masih ada toleransinya," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ketersedian obat di RSUD Mukomuko tidak serta merta semuanya kosong.

"Untuk penyedia obat ini ada sekitar 33 penyedia obat. Setiap penyedia itu ada 10 atau 20 paket jenis obat. Kenapa terjadinya kekosongan obat ini,  Dikarenakan utang kita ke penyedia melampaui tempo, baik batas jumlah ataupun waktu  bahkan untuk tahun 2018 kita masih mempunyai utang," pungkasnya. [ogi]


Hilangkan parasit bau mulut dengan hanya 5 menit sehari
Solusi untuk membantu mulut tidak lagi berbau ... Coba sekarang
Menghilangkan bau mulut hanya dengan cara sederhana dari ...
Mengetahui cara membunuh parasit dalam 1 malam
Halitosis yang mengerikan akan berakhir ketika Anda menggunakan ini
Saya tidak berbau mulut sejak menggunakan Bactefort
Saya lagi tidak memiliki lemak yang tersisa setelah menggunakan ini setiap pagi
Ingin menurunkan berat badan dengan cepat di rumah? Klik disini


Komentar Pembaca